Pengembangan media pop up book huruf hijaiyah iqro' 1 di TPQ Baiturrahmah Malang / Muhammad Amin

Amin, Muhammad (2017) Pengembangan media pop up book huruf hijaiyah iqro' 1 di TPQ Baiturrahmah Malang / Muhammad Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amin, Muhammad. 2017. Pengembangan Media Pop ÔÇô Up Book Huruf Hijaiyah IqroÔÇÖ 1 Di TPQ Baiturrahmah. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd (2) Arafah Husna, S.Pd ,M.Med.Kom Kata kunci :Pop ÔÇô Up Book,media pembelajaran, TPQ. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dalam perspektif teknologi pendidikan tujuan media pembelajaran agar dapat memberikan variasi pembelajaran. TPQ/TPA merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal berupa ilmu keagamaan yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-quran sejak dini serta memahami dasar-dasar agama Islam dari berbagai jenjang mulai dari anak usia taman kanak-kanak serta sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah (SD/ MI). Pada kegiatan belajar mengajar di TPQ Baiturrahmah, guru/ustadz menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah yang membuat santri kurang aktif serta kurang tertarik terhadap pembelajaran. Padahal santri dituntut untuk mempraktikkan baca tulis Al-QurÔÇÖan dengan baik dan benar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap motivasi santri dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menawarkan salah satu media pembelajaran yaitu Pop ÔÇô Up Book kepada guru/ustadz guna meningkatkan motivasi belajar santri yang berisi tentang huruf hijaiyah iqroÔÇÖ jilid 1. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Pop ÔÇô Up Book huruf hijaiyah yang valid sehingga layak digunakan oleh santri IqroÔÇÖjilid 1 pada TPQ Baiturrahmah Malang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Sadiman. Model pengembangan Sadiman adalah mengidentifikasi masalah, merumuskan tujuan, merumuskan butir ÔÇô butir materi, merumuskan alat pengukur keberhasilan, menulis naskah media, memvalidasi, menganalisis data, merevisi. Media divalidasikan oleh satu orang dosen Teknologi Pendidikan sebagai ahli media dan satu orang ustadz sebagai ahli materi. Audien pada penelitian ini adalah santri jilid 1 di TPQ Baiturrahmah Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang berupa angket validasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa, hasil validasi dari ahli media sebesar 96,25%, Data hasil validasi ahli materi sebesar 93,75%, Data hasil validasi audien sebesar 93,00%. ArtinyaPop ÔÇô Up Book valid dan layak digunakan oleh santri jilid 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item