Penerapan thariqah istiqraiyyah dalam pembelajaran nahwu di Universitas Negeri Malang / Ahmad Ulin NUha

Nuha, Ahmad Ulin (2020) Penerapan thariqah istiqraiyyah dalam pembelajaran nahwu di Universitas Negeri Malang / Ahmad Ulin NUha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulin Nuha, Ahmad. 2019. Penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam Pembelajaran Nahwu di Universitas Negeri Malang . Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (I) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., (II) Dr. Muhammad Alfan, M.Pd. Kata kunci: Tharīqah Istiqrā’iyyah, Pembelajaran Nahwu, Universitas Negeri Malang. Penelitian ini membahas tentang penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu di Universitas Negeri Malang. Metode ini merupakan salah satu metode yang seringkali diterapkan dalam pembelajaran nahwu. Diantara beberapa dosen pengampu pembelajaran nahwu di Universitas Negeri Malang, terdapat seorang dosen yang lebih memilih dan menerapkan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam setiap pembelajarannya. Selain itu, bahan ajar pembelajaran nahwu disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran Tharīqah Istiqrā’iyyah. Hal ini mendorong peneliti untuk meneliti penerapan metode ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu, 2) faktor pendukung dan penghambat penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu, dan 3) respon mahasiswa terhadap penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data kualitatif dalam penelitian ini meliputi kegiatan pembelajaran nahwu, faktor pendukung dan penghambat Tharīqah Istiqrā’iyyah. Sedangkan untuk data kuantitatif terkait respon mahasiswa terhadap penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah yang diperoleh dari angket. Sumber data penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Tathbiq Nahwi Tsanawi dan mahasiswa offering A periode 2017. Instrumen penelitian ini adalah (1) pedoman wawancara, (2) lembar observasi, (3) angket dan (4) dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh melalui (1) angket, (2) wawancara, (3) observasi dan (4) dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data kualitatif penelitian adalah (1) pengolahan data penelitian yang diperoleh dari penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumen, (2) pengorganisasian data, mengelompokkan data yang telah dianalisis berdasarkan tujuan penelitian, dan (3) penemuan hasil, tahap ini berkaitan dengan upaya peneliti untuk menafsirkan hasil analisis. Sedangkan data kuantitatif menggunakan teknik statistik sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu sebagai berikut. a) langkah pembelajaran Tharīqah Istiqrā’iyyah terdiri atas penyampaian tema dan tujuan pembelajaran, penyajian contoh, penjelasan kaidah, penyimpulan kaidah dan penugasan, b) variasi metode pembelajaran terdiri atas metode ceramah, metode diskusi dan metode resitasi, c) media pembelajaran terdiri atas power point dan peta konsep, d) dosen tidak memodifikasi metode pembelajaran, hanya menggunakan variasi metode dan dominasinya tetap pada Tharīqah Istiqrā’iyyah , e) dosen mampu memanfaatkan media dan bahan ajar serta memanage kelas dengan baik, f) dosen mengajak mahasiswa untuk melakukan review latihan soal dan kemudian membahasnya, (2) faktor pendukung penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah adalah: a) keunggulan Tharīqah Istiqrā’iyyah adalah mahasiswa langsung dihadapkan pada sesuatu yang nyata, contoh relatif lebih banyak dan sekaligus mengajarkan kosa kata, mahasiswa dapat secara langsung menganalisa contoh dan merumuskan kaidah atau sebaliknya, b) bahan ajar disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran Tharīqah Istiqrā’iyyah , c) dosen memanfaatkan media power point dan peta konsep dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah adalah: a) waktu perkuliahan tidak sebanding dengan jumlah materi yang dipelajari, b) problematika mahasiswa terdiri atas kurangnya kreasi mahasiswa dalam mengembangkan berbagai materi yang disajikan, perbedaan kemampuan masing-masing individu, kurangnya kesadaran mahasiswa untuk mengulas kembali (murāja’ah) materi dan hanya mengandalkan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, (3) respon mahasiswa terhadap penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu adalah: Penerapan Tharīqah Istiqrā’iyyah dapat memotivasi dan membantu mahasiswa dalam memahahi materi serta menjadikan mahasiswa aktif dalam pembelajaran nahwu. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase keberhasilan mencapai rerata skor 80,5%. Selanjutnya bagi (1) pihak Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dapat menjadikan penelitian ini sebagai sumber evaluasi untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas pembelajaran nahwu, (2) lembaga formal maupun lembaga non-formal lain yang tengah melangsungkan pembelajaran mengenai kaidah bahasa khususunya ilmu nahwu, sebaiknya lebih inovatif dalam menyajikan pembelajaran agar lebih efektif dan efisien, (3) peneliti lain yang akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang studi kasus pembelajaran nahwu, diharapkan mempersiapkan semua instrumen penelitian dengan baik, mengumpulkan data sebanyak mungkin sebagai bahan analisis dan dapat memperluas objek penelitian yakni membahas Tharīqah Istiqrā’iyyah dalam pembelajaran nahwu, atau dapat memberikan metode alternatif yang dapat mempermudah proses pembelajaran dan pemahaman ilmu nahwu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72244

Actions (login required)

View Item View Item