Hubungan antara hasil belajar kalam II dan tathbiq mufradat dengan hasil belajar mata kuliah micro teaching mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Lailiyah Indah Putri Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara hasil belajar kalam II dan tathbiq mufradat dengan hasil belajar mata kuliah micro teaching mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Lailiyah Indah Putri Suryani

Suryani, Lailiyah Indah Putri (2019) Hubungan antara hasil belajar kalam II dan tathbiq mufradat dengan hasil belajar mata kuliah micro teaching mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Lailiyah Indah Putri Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suryani Lailiyah I P. 2019. Hubungan Antara Hasil Belajar Kalam 2 dan Tathbiq Mufradat dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Micro Teaching Mahasiswa Jurusann Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd. (II) Dr. Moh. Ahsanuddin M.Pd Kata Kunci hubungan hasil belajar Kalam 2 Tathbiq Mufradat Tadris Mushagghar Menjadi seorang guru tidak bisa instan. Agar terampil menjadi guru maka dibutuhkan kemampuan dan penguasaan dalam berbagai faktor di antaranya adalah kemampuan berbicara dan penguasaan kosa kata yang kemudian dilatihkan dalam sebuah kelas kecil yang bernama micro teaching. Adapun micro teaching sebagai sebuah sarana praktik mengajar untuk merealisasikan kemampuan- kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan yang signifikan antara nilai mata kuliah kalam 2 dan tathbiq mufradat dengan nilai mata kuliah micro teaching atau tadris mushagghar mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode korelasional. Ada 3 variabel dalam penelitian ini yaitu X1 (nilai kalam 2) X2 (nilai tathbiq mufradat) dan Y (nilai tadris mushagghar). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan melihat nilai atau hasil belajar mahasiswa yang disebut KHS atau Kartu Hasil Studi mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang telah menempuh tiga mata kuliah tersebut. Subyek penelitian berjumlah 40 mahasiswa dari 4 offering setiap offering diambil 10 mahasiswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai mata kuliah kalam 2 dan tathbiq mufradat berkorelasi secara signifikan dengan nilai mata kuliah micro teaching atau tadris mushagghar. Pernyataan tersebut berdasarkan uji statistik yang telah dilakukkan peneliti melalui program SPSS 16.00 for Windows. Hasilnya adalah nilai kalam 2 berhubungan dengan nilai tadris mushagghar sebesar 0 414 dan nilai tathbiq mufradat berhubungan dengan nilai tadris mushagghar sebesar 0 397. Oleh karena itu nilai kalam 2 mempunyai hubungan yang paling besar terhadap nilai tadris mushagghar. Adapun besar hubungan atau nilai kalam 2 dan tathbiq mufradat dengan nilai tadris mushagghar adalah sebesar 0 260 atau sama dengan 26% dengan persamaan regresi adalah Y Y -2 114 0 475 X1 0 534 X2 e. Adapun hipotesis 1 diterima karena ada hubungan yang signifikan antara X1 dan Y hipotesis 2 diterima karena ada hubungan yang signifikan antara X2 dan Y dan hipotesis 3 dierima karena X1 mempunyai hubungan yang lebih besar terhadap Y daripada X2. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa JSA untuk meningkatkan penguasaan mufradatnya dan juga meningkatkan kemampuan kalamnya agar ketika praktik mengajar mendapatkan hasil yang baik. Bagi dosen disarankan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik mengajar lebih dari satu kali agar bisa lebih baik dan akan memperoleh penampilan yang maksimal. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas penelitian tentang hubungan hasil belajar kalam dan tathbiq mufradat dan micro teaching dengan menambah variabel-variabel lain yang lebih relevan misalnya dengan mata kuliah KPL (Kajian dan Praktik Lapangan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72243

Actions (login required)

View Item View Item