Pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa arab spesial ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah Pamekasan - Madura / Mahbub Humaidi Aziz

Aziz, Mahbub Humaidi (2020) Pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa arab spesial ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah Pamekasan - Madura / Mahbub Humaidi Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aziz, Mahbub Humaidi. 2019. Pembelajaran Maharah kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Spesial Ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah Pamekasan Madura. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Syatibi Nawawi, M. Pd., dan (2) Dr. Muhammad Alfan, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran maharah kalam, program kursus, efektivitas, efisiensi Penelitian tentang pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah (PP DLWI) Pamekasan Madura ini menarik untuk dikaji, karena program ini dapat menjadikan pesertanya mampu berbicara bahasa Arab dalam 21 hari sesuai tingkatan masing-masing, yaitu mubtadi’, mutawassith, dan mutaqaddim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran maharah kalam dari segi materi, metode, media dan evaluasi, (2) efektivitas, dan (3) efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di PP DLWI Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang terdiri atas tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran maharah kalam terdiri atas: a) materi pada tingkat mubtadi’ tentang aktivitas sehari-hari, tingkat mutawassith mempelajari tentang aktifitas di hari libur dan kegiatan di bulan Ramadhan, dan pada tingkat mutaqaddim mempelajari tentang aktifitas ekonomi, kebahasaan, politik, dan olah raga, b) metode pembelajaran pada tingkat mubtadi’, mutawassith dan mutaqaddim menggunakan metode langsung, c) media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, gambar, lukisan, foto, VCD, LCD dan proyektor, sedangkan d) evaluasi pembelajarannya berbentuk tes lisan, (2) efektivitas pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar 87,33% (sangat efektif), tingkat mutawassith sebesar 95,6% (sangat efektif), dan tingkat mutaqaddim sebesar 98% (sangat efektif), (3) Efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar 88,25% (sangat efisien), tingkat mutawassith sebesar 90,88% (sangat efisien), dan tingkat mutaqaddim sebesar 94,05% (sangat efisien). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran maharah kalam pada program ini terbukti efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72242

Actions (login required)

View Item View Item