Analisis kesalahan bahasa dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah terbitan Kementerian Agama RI / Oktavianty Muthi'atus Shoniyah

Shoniyah, Oktavianty Muthi'atus (2020) Analisis kesalahan bahasa dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah terbitan Kementerian Agama RI / Oktavianty Muthi'atus Shoniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shoniyah, Oktavianty Muthi’atus. 2019. Analisis Kesalahan Bahasa Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kementerian Agama RI. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Syatibi Nawawi, M.Pd. (II) Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I. Kata Kunci: buku ajar bahasa Arab, kesalahan bahasa, analisis kesalahan. Buku ajar bahasa Arab untuk kelas VII, VIII, & IX MTs yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI merupakan buku ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di berbagai madrasah yang ada di Indonesia. Akan tetapi masih banyak materi dalam buku ajar tersebut yang tidak sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai macam kesalahan bahasa morfologi (sharaf) dan kesalahan bahasa sintaksis (nahwu) dalam buku ajar bahasa Arab untuk kelas VII, VIII, dan IX MTs terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa berbagai macam kesalahan berbahasa nahwu dan kesalahan berbahasa sharaf. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab kelas VII, VIII, dan IX MTs terbitan Kementerian Agama RI. Selanjutnya, instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dan tabel berbagai macam kesalahan bahasa nahwu dan kesalahan bahasa sharaf sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat kesalahan bahasa sintaksis (nahwu) sejumlah 27 kesalahan. Adapun macam-macam kesalahan tersebut berupa kesalahan i’rab nomina di belakang huruf jar, kesalahan i’rab mudlāf ilaih isim ghairu munsharif, kesalahan i’rab maf’ūl bih, kesalahan i’rab badal isim isyārah,‘amil nashib, ketidaksesuaian jenis fi’il dengan fā’il, ketidaksesuaian jenis isim isyārah dengan nomina, 2) terdapat kesalahan bahasa morfologi (sharaf) sejumlah 45 kesalahan. Adapun macam-macam kesalahan bahasa morfologi (sharaf) tersebut berupa: kesalahan pentanwinan kosakata warna, kesalahan pentanwinan isim ghairu munsharif dan isim munsharif, dan fi’il mudlāri’. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan beberapa saran, antara lain: 1) guru bahasa Arab, diharapkan untuk memberikan latihan atau soal-soal mengenai kata atau pola kalimat yang sering mengalami kesalahan dalam porsi yang lebih besar, 2) penerbit buku, diharapkan untuk menjadikan penelitian ini sebagai bahan evaluasi agar lebih selektif dalam menerbitkan buku yang sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab (Nahwu – Sharaf) yang benar, 3) editor buku, diharapkan untuk menjadikan penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam menyunting materi yang sesuai dengan kaidah gramatika Arab sebelum diterbitkan dan dipublikasikan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72239

Actions (login required)

View Item View Item