Penggunaan media wordwall untuk meningkatkan penguasaan maharoh al-iqro'ah siswa kelas VII A MTs Negeri 1 Lamongan / Ma'isyatul Baroroh

Baroroh, Ma'isyatul (2019) Penggunaan media wordwall untuk meningkatkan penguasaan maharoh al-iqro'ah siswa kelas VII A MTs Negeri 1 Lamongan / Ma'isyatul Baroroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Baroroh, Maisyatul. 2019. Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Penguasaan Maharoh al-Qiro’ah Siswa Kelas VII A MTs Negeri 1 Lamongan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhidayati, M.Pd., (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd,I. Kata Kunci: Media Wordwall, Mufrodat, Maharoh Al-qiro’ah Pelaksanaan proses pembelajaran bahasa Arab selama ini masih memiliki berbagai kendala dan tantangan, di antaranya adalah kebiasaan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, motivasi belajar yang lemah, penguasaan kosakata (mufrodat) yang kurang bahkan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat monoton dan kurang bervariasi. Wordwall adalah kumpulan kata yang terorganisasi secara sistematis yang ditampilkan dengan huruf besar dan ditempelkan pada dinding kelas atau bisa disebut dengan media dinding kata. Media ini berguna meningkatkan penguasaan mufrodat dan makna. Selain itu, pengunaan media wordwall juga membantu siswa membaca teks bacaan dan pemahaman isi teks bacaan tanpa harus selalu tergantung pada penggunaan kamus arti kata yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media wordwall pada pembelajaran maharoh al-Qiro’ah dan mendeskripsikan peningkatan penguasaan maharoh al-qiro’ah dengan menggunakan media wordwall siswa kelas VII A MTs Negeri 1 Lamongan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian diawali dengan tahap studi pendahuluan, identifikasi masalah, analisis masalah, kemudian pelaksanaan siklus I dan siklus II serta hasil akhir. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan siklus dilaksanakan dengan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan kelas, 3) observasi, dan 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan kuantitatif. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) wawancara, (2) pemberian test, (3) observasi kelas, dan (4) angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pada siklus I, siswa memahami berbagai kosakata atau makna dari kosakata, serta siswa cukup mampu membaca teks bacaan sesuai intonasi dan makhorijul harf. (b) pada siklus II, siswa mampu membuat kalimat sederhana dari kosakata yang terdapat dalam bacaan, membaca teks bacaan dengan baik, dan memahami isi atau makna dari teks bacaan sederhana. (c) Hasil Postest I (siklus1), persentase ketercapaian siswa kelas VII A secara klasikal dalam pembelajaran maharoh al-qiro’ah setelah diterapkannya media wordwall sebesar 56,25% (atau dalam kategori “Sedang”) dengan jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM sebanyak 18 siswa. Sedangkan, rata-rata nilai siswa kelas VII A sebesar 78 (atau dalam kategori “Sedang”). (d) Hasil Postest II (Siklus II) menunjukkan bahwa persentase ketercapaian siswa kelas VII A menjadi 84% (atau dalam kategori “Cukup Tinggi”) dengan jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM sebanyak 27 siswa. Sedangkan, rata-rata nilai siswa kelas VII A sebesar 87 (atau dalam kategori “Tinggi”). Berdasarkan pelaksanaan siklus, dapat disimpulkan bahwa setiap siklus terjadi peningkatan pada penguasaan maharoh al-Qiro’ah ataupun keaktifan siswa melalui angket respon siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Arab setelah penggunaan media wordwall dibandingkan sebelum diterapkannya media wordwall. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan masukan bagi peniliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan dan memperbaiki penggunaan media wordwall pada maharoh-maharoh lainnya agar terwujudnya kesempurnaan pada hasil penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72234

Actions (login required)

View Item View Item