Penerapan metode K-W-L (Know-Wat To Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MIA MA Bahrul Ulum Tajinan / Afkhoriyatul Hilmi

Hilmi, Afkhoriyatul (2019) Penerapan metode K-W-L (Know-Wat To Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MIA MA Bahrul Ulum Tajinan / Afkhoriyatul Hilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hilmi, Afkhoriyatul 2019. Penerapan Metode K-W-L (Know-Want to know-Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI Matematika dan IPA MA Bahrul Ulum Tajinan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (I) Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, (II) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd, Kata Kunci: Metode K-W-L, Maharah Qiro’ah, Teks Bahasa Arab, MA Bahrul Ulum. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Arab kelas XI yang dilakukan oleh peneliti terhadap pembelajaran membaca teks bahasa Arab (maharah qiro’ah) siswa kelas XI MA Bahrul Ulum, pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas masih berpusat pada guru (teacher centris). Keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran kurang dimaksimalkan, sehingga ruang gerak siswa menjadi terbatas. Permasalahan tersebut berdampak pada ketidakaktifan siswa, dan akibatnya berdampak pula pada hasil belajar siswa, khususnya pada kemahiran membaca (maharah qiro’ah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode K-W-L untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MIA MA Bahrul Ulum, (2) peningkatan hasil belajar membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MIA MA Bahrul Ulum Tajinan setelah diterapkan media K-W-L. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (implementasi), (3) pengamatan (observasi) , dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara, (2) pengamatan, (3) pemberiantes, dan (4) angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode K-W-L pada siklus I siswa aktif merespon pertanyaan guru yang berhubungan dengan pengetahuan awal dan dugaan terkait isi teks. Siswa menganalisis informasi baru yang mereka temukan setelah memabca teks. Pada siklus II, guru meminta siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan terkait pengetahuan awal dan dugaan terkait isi teks. Siswa bersama kelompok mengidentifikasi informasi baru yang mereka temukan setelah membaca isi teks secara keseluruhan. Dari segi peningkatan hasil belajar membaca teks bahasa Arab, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai standard ketuntasan minimal (SKM) adalah 78. Berdasarkan pre-test didapatkan hasil kualifikasi tingkat keberhasilan rata-rata kelas adalah cukup. Pada pelaksanaan tes siklus I hasil kualifikasi tingkat keberhasilan rata-rata kelas baik. Demikian pada tes siklus II hasil kualifikasi keberhasilan rata-rata kelas baik dengan prosentase ketuntasan 95,5%. Hasil belajar sudah mencapai dan melebih inilai SKM yang telah ditentukan. Dengan demikian penerapan metode K-W-L dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas XI MIA MA Bahrul Ulum Tajinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72233

Actions (login required)

View Item View Item