Pengembangan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang / Rasydiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang / Rasydiana

Rasydiana (2019) Pengembangan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang / Rasydiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rasydiana. 2019. Pengembangan Tes Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yusuf Hanafi M.Fil.I (2) Ibnu Samsul Huda S.S. M.A. Kata Kunci Pengembangan tes Pembelajaran bahasa Arab Aplikasi Kahoot. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Malang diperoleh bahwa sistem evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (tes kertas) sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir peserta didik dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengembangan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang (2) validitas tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang (3) reliabilitas tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang (4) tingkat kesulitan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang (5) daya beda tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang dan (6) kelayakan produk pengembangan tes pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Kahoot di MTsN 2 kota Malang. Penelitian dan pengambangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate) yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis tahap perancangan tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Penelitian dilakukan di MTsN 2 Kota Malang dengan sampel penelitian adalah 24 siswa kelas VII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara penyebaran angket tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) tes bahasa Arab yang dikembangkan adalah tes untuk mengukur keterampilan bahasa yang terdiri dari maharah istima maharah qira ah maharah kitabah dan tes untuk mengukur komponen bahasa yang tediri dari tes struktur bahasa dan tes kosa kata (2) Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa terdapat 27 soal yang valid (3) dari segi reliabilitas tes diperoleh skor -0 19 yang masuk dalam kategori amat rendah (4) dari segi tingkat kesulitan tes diperoleh hasil 6 soal dalam kategori mudah 27 soal dalam kategori sedang dan 27 soal dalam kategori sulit (5) hasil analisis daya beda diperoleh 9 soal dalam kategori baik 13 soal dalam kategori cukup 9 soal dalam kategori jelek dan 29 soal dalam kategori jelek sekali dan (6) hasil uji kelayakan produk dari validasi ahli materi dan ahli media diperoleh skor rata-rata 79% yang masuk dalam kategori layak dan hasil respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 85 4% yang masuk dalam kategori sangat baik atau sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes menggunakan aplikasi Kahoot layak untuk digunakan sebagai media dalam melaksanakan tes pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTsN 2 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72232

Actions (login required)

View Item View Item