Penerapan media permainan bithaqah isyarah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SD Negeri Kalip[ang Sugio Lamongan / Fadlillah Nur Mafruhah

Mafruhah, Fadlillah Nur (2019) Penerapan media permainan bithaqah isyarah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SD Negeri Kalip[ang Sugio Lamongan / Fadlillah Nur Mafruhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mafruhah, Nur Fadlillah. 2019. Penerapan Media Permainan Bithaqah Isyarah untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDN Kalipang Sugio Lamongan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, (2) Dr. A. Munjin Nasih, M.Ag. Kata Kunci : Media Permainan, Bithaqah Isyarah, Kosakata, SDN Kalipang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada siswa dan wawancara dengan guru bahasa Arab kelas V SDN Kalipang Sugio Lamongan, diketahui terdapat banyak hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal itu dikarenakan guru terlalu monoton dalam pembelajaran, sehingga membuat siswa bosan dan tidak berminat dalam belajar bahasa Arab, serta kurangnya penggunaan media dan metode pembelajaran, guru hanya terpaku pada buku paket bahasa Arab saja. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan media permainan Bithaqah Isyarah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDN Kalipang Sugio Lamongan, (2) mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDN Kalipang Sugio Lamongan dengan menerapkan media permainan Bithaqah Isyarah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) wawancara, (3) observasi, (4) angket. Adapun analisis data yang digunkan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan bithaqah isyarah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab telah terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penerapan media ini juga dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa, hal ini dibuktikan dengan meningkatkannya nilai rata-rata hasil setiap tes, mulai dari pre tes hingga post tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Nilai yang diperoleh siswa sudah melebihi standar ketuntasan minimal (SKM) pada post tes terakhir. Adapun SKM yang sudah ditentukan adalah 75. Berdasarkan pre test nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa adalah 62,1 yang masih belum memenuhi SKM. Sedangkan berdasarkan post test nilai yang didapatkan oleh siswa adalah 72 pada siklus I dan 85,3 pada siklus II yang sudah memenuhi SKM pada post test terakhir. Peningkatan nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa mulai dari pre test sampai post test yaitu 23,2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72231

Actions (login required)

View Item View Item