Pengembangan buku cerdas elektronik berbasis 3D pageflip pada mata pelajaran bahasa Arab kelas V MI / Nur Laily Hidayati

Hidayati, Nur Laily (2019) Pengembangan buku cerdas elektronik berbasis 3D pageflip pada mata pelajaran bahasa Arab kelas V MI / Nur Laily Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati, Nur Laily. 2019. Pengembangan Buku Cerdas Elektronik Berbasis 3D Pageflip Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V MI. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Kholisin, M.Hum., (2) Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd. Kata Kunci : E-book, 3D Pageflip Professional, Pembelajaran Bahasa Arab Teknologi telah tumbuh dalam berbagai kehidupan manusia, salah satunya adalah aspek pendidikan. Pada zaman globalisasi ini, pemanfaatan teknologi diperlukan dalam dunia pendidikan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri seperti yang telah diungkapkan oleh kurikulum. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar yang ada di sekolah sebagai komplemen dari bahan ajar cetak yang sudah tersedia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan BCE bahasa Arab berbasis 3D pageflip pada kelas V MI dan (2) mendeskripsikan tingkat kelayakan produk pengembangan BCE bahasa Arab berbasis 3D pageflip pada kelas V MI. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu buku cerdas elektronik (BCE) berbasis 3D Pageflip pada mata pelajaran bahasa Arab untuk MI. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Dalam penelitian ini terdapat 7 tahap, karena disesuaikan dengan keadaan lapangan dan keterbatasan waktu yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji kelayakan produk, yaitu: (1) analisis masalah, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk I, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk II. Data yang diperoleh dalam penelitin ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa persentase dari hasil penilaian angket yang disusun dengan skala likert terhadap produk pengembangan buku cerdas elektronik bahasa Arab berbasis 3D Pageflip. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil penelitian awal berupa wawancara kepada guru serta kritik dan saran dari para ahli. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan pengguna dengan skor nilai rata-rata 85,8% (valid) oleh ahli media, 93,8% (valid) oleh ahli materi, 85,5% (valid) siswa kelompok kecil, dan 75,7% (cukup valid) oleh kelompok besar siswa kelas VB MI Khadijah Malang. Produk ini bisa digunakan sebagai bahan ajar bahasa Arab yang digunakan di dalam maupun di luar kelas dan dapat menarik perhatian siswa untuk belajar daripada menggunakan buku cetak. Disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan BCE sebagai salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk menutupi kurangnya pemerataan buku cetak yang dibagikan kepada siswa. Agar pembelajaran bahasa Arab lebih bervariasi dan tidak selalu dari buku cetak saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72229

Actions (login required)

View Item View Item