Analisis prosedur penerjemahan jumlah ismiyyah dalam al-Qur'an surat an-Nur / Hafiyya Izdihaar El Fauzy - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis prosedur penerjemahan jumlah ismiyyah dalam al-Qur'an surat an-Nur / Hafiyya Izdihaar El Fauzy

El Fauzy, Hafiyya Izdihaar (2019) Analisis prosedur penerjemahan jumlah ismiyyah dalam al-Qur'an surat an-Nur / Hafiyya Izdihaar El Fauzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN El-Fauzy Hafiyya Izdihaar. 2019. Analisis Prosedur Penerjemahan Jumlah Ismiyyah dalam Al-Qur an Surat An-Nur. Skripsi. Jurusan Sastra Arab. Fakultas Sastra. Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kholisin M.Hum (II) Ali Ma sum S.Pd M.A. Kata Kunci prosedur penerjemahan jumlah ismiyyah Al-Qur an surat an-nur Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa alasan pertama struktur kalimat pada teks Al-Qur an mutlak kebenarannya sehingga dapat dijadikan contoh bahasa Arab dalam pembelajaran nahwu kedua menerjemahkan jumlah ismiyyah terkadang menemukan kesulitan sehingga dibutuhkan ilmu penerjemahan dalam proses penerjemahannya ketiga jumlah ismiyyah adalah materi yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pola jumlah ismiyyah yang digunakan dalam Al-Qur an Surat An-Nur dan (2) prosedur penerjemahan yang digunakan pada terjemahan ayat tersebut oleh Al-Qur an Departemen Agama Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah Al-Qur an Surat An-Nur beserta terjemahannya. Data yang diambil berupa pola jumlah ismiyyah dalam Al-Qur an Surat An-Nur beserta prosedur penerjemahan dalam terjemahannya. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola jumlah ismiyyah dalam Al-Qur an Surat An-Nur terdapat sembilan pola yaitu (a) Mubtada Khabar Mufrad (b) Mubtada Khabar Jumlah Filiyyah (Fi il Fa il) (c) Mubtada Khabar Jumlah Filiyyah (Fi il Fa il Dhamir Mustatir Maf ul) (d) Mubtada Khabar Jumlah Filiyyah (Mabni Majhul N 257 ibul F 257 il) (e) Mubtada Khabar Jumlah Ismiyyah (f) Mubtada Khabar Muta addid (g) Mubtada Khabar Syibhu Jumlah (J 257 r Majrur) dan (h) Khabar Syibhu Jumlah (J 257 r Majrur) Mubtada . (2) Prosedur penerjemahan yang digunakan sebanyak dua prosedur yaitu (a) transposisi (transposisi tidak adanya sistem dan kaidah di salah satu BSu dan BSa dan transposisi kerumpangan) dan (b) modulasi (modulasi non linguistik memperjelas makna). Peneliti berharap akan ada penelitian sejenis yang menggunakan objek penelitian selain teks Al-Qur an dengan bertujuan agar mendapatkan lebih banyak data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72227

Actions (login required)

View Item View Item