Pengembangan media pembelajaran tarkib berbasis swish max4 bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah / Dwi Cahyo Kurniawan

Kurniawan, Dwi Cahyo (2019) Pengembangan media pembelajaran tarkib berbasis swish max4 bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah / Dwi Cahyo Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Dwi Cahyo. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Tarkib Berbasis Swish Max4 bagi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (1) Dr. Moh. Khasairi, M.Pd., (2) Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : media pembelajaran, tarkib, Swish Max4 Penelitian ini berawal dari perkembangan media pembelajaran yang mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya teknologi. Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit terutama pada tata aturannya yaitu Tarkib, Nahwu, dan Sharaf. Melihat beberapa paradigma yang menjadi kendala maupun tantangan di lapangan, Peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran Tarkib berbasis Swish Max4 bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan (1) prosedur pengembangan media pembelajaran Tarkib berbasis Swish Max4, (2) karakteristik produk media pembelajaran Tarkib berbasis Swish Max4, dan (3) tingkat kelayakan media pembelajaran Tarkib berbasis Swish Max4. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R & D (Research & Development) dari Borg and Gall yang telah disesuaikan. Subjek dan objek penelitian ini adalah guru bidang studi, siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk dan media pembelajaran yang dikembangkan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari angket terbuka dan tertutup dari (1) ahli media, (2) ahli materi nahwu, (3) guru bidang studi MTsN 4 Nganjuk, dan (4) siswa kelas VIII A MTsN 4 Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Tarkib berbasis Swish Max4 terdiri dari 2 tema yang dipaparkan dalam bentuk contoh kalimat dan kaidah, kemudian dilengkapi dengan kosa kata dan latihan soal, (2) fasilitas yang diberikan bukan hanya gambar dan tulisan, akan tetapi juga animasi dan rekaman suara baik penutur Bahasa Arab asli maupun tidak, (3) kelayakan produk media mendapatkan nilai validitas sebesar 90% dari ahli materi, sebesar 82,5% dari ahli media. Kelayakan produk media mendapatkan nilai hasil uji coba lapangan sebesar 97,5% dari guru bidang studi Bahasa Arab, sebesar 85,8% dari siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan: (1) Siswa MTs sederajat dapat menggunakan media pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran mandiri dengan alat bantu (komputer/laptop), (2) guru dapat memanfaatkan media pembelajaran yang telah dikembangkan serta membuat media yang serupa dengan karakteristik yang berbeda, dan (3) pengembang selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran kemahiran membaca dan mendengar mata pelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72226

Actions (login required)

View Item View Item