Pembelajaran bahasa arab di MTS Negeri 2 kota Malang / Ulfatul Galibah

Galibah, Ulfatul (2020) Pembelajaran bahasa arab di MTS Negeri 2 kota Malang / Ulfatul Galibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Galibah, Ulfatul. 2019. Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Negeri 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurhidayati, M.Pd., (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, MTsN 2 Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dengan meninjau beberapa karya ilmiah mengenai pembelajaran di sekolah MTsN 2 Kota Malang diketahui bahwasanya hasil penelitian dari beberapa peneliti yang meneliti di sekolah tersebut belum menggambarkan secara menyeluruh kondisi pembelajaran di MTsN 2 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang, dan (3) evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTsN 2 Kota Malang dengan sampel penelitian adalah masing-masing 3 siswa dari perwakilan kelas VII, VIII, dan IX dan 2 orang guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut adalah kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum tersebut kemudian dikembangkan dengan membuat program tahunan dan program semester. Program tahunan dan program semester tersebut berisi tentang kompetensi dasar yang meliputi empat keterampilan bahasa yang mana keempat keterampilan bahasa tersebut akan selalu dievaluasi setiap akhir pembelajaran atau setelah keempat keterampilan bahasa tersebut telah dipelajari. Adapun pengembangan silabus dan RPP disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, (2) Penerapan metode pembelajaran bahasa Arab yang sering diterapkan oleh guru untuk siswa kelas VII dan VIII yaitu dengan menggunakan metode percakapan, tarjamah dan drill kosa kata, sedangkan untuk kelas IX menggunakan metode membaca, tarjamah, percakapan, dan drill kosa kata. Adapun media yang sering digunakan oleh guru yaitu media gambar, benda asli ataupun benda tiruan, bagan/skema, dan penggunaan LCD untuk media yang berbentuk power point (PPT). Bahan ajar yang digunakan yaitu buku ajar dari Kementerian Agama dan LKS, dan (3) bentuk pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru dilakukan setiap akhir unit pelajaran dengan menggunakan bentuk tes tulis dan tes lisan. Jenis tes tulis yang digunakan terdiri dari tes pilihan ganda, tes essai (uraian), dan tes mengisi kata yang tepat dengan menggunakan aplikasi berbasis online. Adapun tes lisan dibuat dengan meminta siswa untuk melakukan percakapan dan menyimpulkan suatu teks bacaan dengan lisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72225

Actions (login required)

View Item View Item