Analisis Partikel, Penggunaan Partikel, dan Tujuan Istifham dalam Juz 30 / Ahmad Jaelani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Partikel, Penggunaan Partikel, dan Tujuan Istifham dalam Juz 30 / Ahmad Jaelani

Jaelani, Ahmad (2019) Analisis Partikel, Penggunaan Partikel, dan Tujuan Istifham dalam Juz 30 / Ahmad Jaelani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jaelani Ahmad. 2018. Analisis Partikel Penggunaan Partikel dan Tujuan Istifham dalam Juz 30. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Moh. Ainin M.Pd. (2) Ali Ma sum S.Pd MA. Kata Kunci Istifham Analisis Partikel Penggunaan Tujuan. Peneliti melakukan penelitian tentang Analisis Partikel Penggunaan partikel Dan Tujuan Istifham Dalam Juz 30 berdasarkan beberapa alasan pertama karena kurangnya peminat yang ingin menganalisis adawatul istifham dalam juz 30 khususnya di jurusan sastra Arab. Hal ini dibuktikan dengan data peneliti yang menemukan baru dua peneliti yang meneliti tentang judul ini. Kedua Juz 30 sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia terutama di pondok-pondok pesantren sehingga diharapkan mampu menarik minat pembaca untuk mengkaji kalimat Istifham di dalam Al-Qur an. Ketiga jumlah huruf Istifham dalam Juz 30 tersebut sangat beragam bentuk dan maknanya sehingga cukup penting untuk dipelajari bagi para pembelajar bahasa Arab karena para pelajar bahasa Arab tidak akan bisa lepas dari huruf-huruf istifham. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partikel penggunaan partikel dan tujuan Istifham dalam Al Qur an Juz 30. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat yang di dalamnya mengandung huruf istifham beserta partikel seperti (Q.S. An-Naba 6) penggunaan partikel seperti hamzah ( digunakan untuk mencari pengetahuan tentang dua hal yaitu tashowwur dan tashdiq dan tujuan Istifham seperti mempertegas mengagungkan menantang dalam Al Qur an Juz 30. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al Qur an Juz 30. Data yang diambil berupa jumlah istifham yang terdapat dalam juz 30. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) sedangkan instrumen pembantunya berupa tabel-tabel. Hasil penelitian menunjukkan (1) Partikel Istifham Hamzah () Maa ( Hal Ayyu Ayyana () Aina () Kaifa () Anna () (2) Penggunaan Partikel Istifham (a) Istifham Hamzah () mengandung dua makna yaitu Tashowwur dan Tashdiq. (b) Istifham Hal (c) Istifham Maa ( (d) Istifham Ayyu (e) Istifham Ayyana () (f) Istifham Aina () (g) Istifham Kaifa () (h) Istifham Anna () (3) Tujuan Istifham Mempertegas Menegur Membuat Mengerti Memberikan Informasi Mengingkari Menyeru Meremehkan Mengingatkan Menolak Mengagungkan Menafikan Menantang Mengecam Merasa kagum Meminta Informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72223

Actions (login required)

View Item View Item