Pengembangan aplikasi mobile learning mata pelajaran biologi pokok bahasan Daur Biogeokimia untuk kelas X SMA Panjura Malang / Noviyan Dwi Prasetyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi mobile learning mata pelajaran biologi pokok bahasan Daur Biogeokimia untuk kelas X SMA Panjura Malang / Noviyan Dwi Prasetyadi

Prasetyadi, Noviyan Dwi (2017) Pengembangan aplikasi mobile learning mata pelajaran biologi pokok bahasan Daur Biogeokimia untuk kelas X SMA Panjura Malang / Noviyan Dwi Prasetyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetyadi Noviyan Dwi. 2017. Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Untuk Kelas X SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A.J.E. Toenlioe M.Pd (II) Saidah Ulfa S.T M.Edu. Ph.D Kata Kunci Pengembangan Multimedia Mobile Learning Biologi Daur Biogeokimia Pada zaman perkembangan teknologi ini manusia telah menjadi kecanduan di kehidupan manusia sehari harinya hampir di berbagai belahan dunia sehingga orang menganggap seperti hal yang biasa dan sebagaimana mestinya. Kemajuan teknologi berkembang secara berkesinambungan seperti halnya dengan ilmu yang berkembang tidak pernah terhenti. Permasalahan yang sering dialami siswa dalam proses pembelajaran adalah siswa masih sulit untuk memvisualisasikan. Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara guru dengan siswa baik interaksi secara langsung seperti kegiatan tatap muka maupun secara tidak langsung tanpa dibatasi tempat ruang dan waktu. Pembelajaran tanpa dibatasi tempat ruang dan waktu dapat terwujud dengan konsep pembelajaran berbasis mobile atau disebut dengan mobile learning. Konsep mobile learning yaitu menempatkan penekanan pada mobilitas pelajar dan mobilitas pembelajaran serta mengutamakan pengalaman peserta didik ketika belajar dengan perangkat mobile. Artinya pengguna dapat mengakses informasi atau materi yang tersedia dimana saja dan juga kapan saja. Untuk itu diperlukan suatu tambahan (suplemen) mobile learning untuk melengkapi kebutuhan belajar siswa akan pokok bahasan daur biogeokimia yang merupakan materi cukup sulit. Dikarenakan materi ini cukup abstrak untuk diamati secara langsung sehingga siswa kesulitan untuk memvisualisasikan proses terjadinya daur biogeokimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran biologi pokok bahasan daur biogeokimia kelas X SMA Panjura Malang. Bentuk produk yang dihasilkan berupa sebuah aplikasi .apk berisikan materi dengan visualisasi menarik serta konten yang edukasional dalam berupa teks gambar animasi dan audio. Dilengkapi fitur kuis yang bersifat sebagai latihan singkat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R D) hasil adaptasi dari Borg andGall (1983). Langkahlangkah pengembangan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Reseacrh Information Collecting (2) Planning (3) Development Preliminary Form Of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Revision and Final Product. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa kelas X SMA atau yang mengikuti mata pelajaran Biologi. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan mobile learning ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 93 7% ahli materi 95% uji coba kelompok kecil 82 77% uji coba kelompok besar 86 83%.Selain itu terdapat isi-isi perbaikan diantaranya perbaikan yang diperoleh dari ahli media adalah perbaikan dari animasi lebih dipercepat durasi dan sisi tombol navigasi untuk lebih diperakurat. Ahli materi menyarankan untuk memperbaiki soalii latihan untuk lebih diperbanyak. Sedangkan pada audience memberi tanggapan mengenai aplikasi agak berat dijalankan di smartphone milik siswa dan audio pada animasi yang pelan . Dengan demikian produk mobile learning daur biogeokimia yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item