Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah pengembangan media foto materi dasar-dasar fotografi / Yusuf Hamka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah pengembangan media foto materi dasar-dasar fotografi / Yusuf Hamka

Hamka, Yusuf (2017) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah pengembangan media foto materi dasar-dasar fotografi / Yusuf Hamka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamka Yusuf. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Pengembangan Media Foto Materi Dasar-Dasar Fotografi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T . M T. Kata kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Fotografi Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih menarik semakin meningkat. Hal ini menuntut pendidik agar selalu berinovasi dalam menggunakan media interaktif yang menarik minat belajar peserta didik. Tetapi berdasarkan temuan di lapangan masih banyak pendidik yang meggunakan media yang kurang menarik minat belajar peserta didik. Hal ini akan mengakibatkan materi yang disampaikan kepada peserta didik tidak dapat tersalurkan secara maksimal. Pada mata kuliah Pengembangan Media Fotografi di Universitas Neger Malang masih ditemukan penggunaan media yang kurang menarik minat belajar peserta didik seperti Power Point. Mata kuliah Pengembangan media Fotografi pada dasarnya tidak hanya membutuhkan teori semata akan tetapi juga membutuhkan praktek. Salah satu media yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah multimedia interaktif berbasis AutoPlay. Media ini mendukung untuk kriteria pembelajaran yang beragam karena didalamnya menggunakan media yang beragam seperti audio video dan grafis yang menarik. Oleh karena itu dikembangkanlah multimedia pembelajaran interaktif Pengembangan Media Fotografi materi Dasar-Dasar Fotografi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983) sebagai dasar pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Terdapat tujuh tahapan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini yaitu (1) research and information colletion (penelitian dan pengumpulan data) (2) planning (perencanaan) (3) develop preliminary form of product (pengembangan draft produk awal) (4) preliminary field testing (uji coba awal) (5) main product revision (revisi hasil uji coba) (6) main field testing (uji lapangan produk utama) dan (7) Final product revision (revisi produk final). Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 95% ahli materi 90% uji coba kelompok kecil 95% dan uji coba Kelompok besar 84 8% Serta untuk tes evaluasi pembelajaran yang mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan demikian Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengembangan Media Fotografi Materi Dasar-Dasar Fotografi menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan berdasarkan hasil pengembangan adalah sebagai berikut (1) Bagi pendidik hendaknya selalu memperbaharui materi yang disajikan dan bagi peserta didik hendaknya lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan fotografi (2) bagi Peneliti lain hendaknya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang lebih baik dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item