Pengembangan multimedia berbasis pendekatan saintifik pada aspek kognitif di SD Lab UM / Devaga Betayoka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia berbasis pendekatan saintifik pada aspek kognitif di SD Lab UM / Devaga Betayoka

Betayoka, Devaga (2017) Pengembangan multimedia berbasis pendekatan saintifik pada aspek kognitif di SD Lab UM / Devaga Betayoka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Betayoka Devaga. 2017. Pengembangan Multimedia berbasis Pendekatan Saintifik pada Aspek Kognitif di SD Lab UM. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Drs. Zainul Abidin M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pendekatan Saintifik Lingkungan Sahabat Kita. Dalam pembelajaran di Kurikulum 2013 Tema 9 tentang Lingkungan Sahabat Kita kelas 5 di SD Lab UM diterapkan menggunakan modul cetak yang dirasa ada beberapa kelemahan yaitu isi materi yang minim gambar dan keterangan. Untuk penyempurnaanya diperlukan multimedia pembelajaran guna melengkapi kelemahan modul. Salah satu upaya dengan menggunakan multimedia dalam bentuk teks gambar video dan animasi yang lengkap berisikan bahasan materi yang terkait dalam Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita. Tujuan dari pengembangan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berupa multimedia berbasis pendekatan saintifik yang valid untuk kegiatan pembelajaran pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 SD Lab UM. Pengembangan multimedia ini dilakukan mengikuti model rancangan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun langkah langkah yang dilakukan seperti yang tertera pada flow chart sebagai berikut 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain Produk 6) Ujicoba Produk 7) Revisi Ujicoba Produk 8) Produk Akhir. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa kelas 5 SD Lab UM atau yang mengikuti materi Lingkungan Sahabat Kita. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan multimedia berbasis pendekatan saintifik ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 97 5% ahli materi 96 75% uji coba perorangan 91 % uji coba kelompok kecil 85 1 % dan uji coba kelompok besar 87 47%. Saran yang diajukan bagi siswa sebaiknya dalam menggunakan multimedia berbasis pendekatan saintifik pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita sebaiknya mempelajari petunjuk pemanfaatan. Bagi guru kelas 5 adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan multimedia ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item