Using various games to improve the tenth graders' ability to use prepositions of place in descriptive text contexts / Wahyuni Puji Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Using various games to improve the tenth graders' ability to use prepositions of place in descriptive text contexts / Wahyuni Puji Utami

Utami, Wahyuni Puji (2019) Using various games to improve the tenth graders' ability to use prepositions of place in descriptive text contexts / Wahyuni Puji Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utami Wahyuni Puji. 2019. Penggunaan Beragam Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Sepuluh dalam Menggunakan Preposisi Tempat pada Konteks Teks Deskripsi. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Furaidah M.A. (2) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci bergam permainan teks deskriptif preposisi tempat. Pada tahap penelitian awal peneliti menemukan bahwa para siswa di kelas X TB 1 memiliki kesulitan dalam menggunakan preposisi yang paling tepat. Untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan preposisi tempat pada konteks teks deskriptif peneliti menerapkan beberapa permainan untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman yang lebih baik pada penggunaan preposisi tempat berdasarkan konteks tertentu dan menggunakannya dengan tepat. Fokus penilitian ini berkaitan dengan KD 3.7 dan 4.7 dalam kurikulum 2013 sebagai salah satu unsur kebahasaan teks tersebut. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X TB 1 di SMKN 3 Malang. Kriteria keberhasilan untuk penelitian ini adalah 80% siswa harus mencapai kriteria keberhasilan. Keberhasilan dihitung berdasarkan skor rata-rata hasil siswa pada kuis pertama kuis kedua dan post-test yang harus mencapai 80% dari keseluruhan penggunaan dan masing-masing jenis preposisi tempat. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri atas 4 pertemuan. Diakhir dari siklus ini hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa dari sebagian besar jenis preposisi pada kuis pertama dan post-test mencapai 80%. Skor rata-rata ini dibandingkan dengan kriteria keberhasilan dan hasilnya menunjuk bahwa sebagian besar nilai siswa lebih tinggi dari nilai minimum. Artinya siswa telah memenuhi kriteria kerberhasilan. Kesimpulannya penggunaan permainan untuk meningktkan kemampuan siswa harus diikuti dengan spiral strategi pengajaran. Langkah pertama yaitu meninjau materi yang akan digunakan dalam permainan untuk menghindari kebingungan selama permainan. Kemudian menerapkan permainan sebagai kegiatan pengulangan lanjutan. Langkah terakhir adalah memberikan umpan balik untuk meningkatkan kemampuan siswa. Setiap langkah saling terkait satu sama lain. Strategi ini direkomendasikan untuk guru bahasa Inggris dan kelompok-kelompok lainnya untuk menerapkan spiral ini dengan jenis permainan yang berbeda-beda. Selanjutnya disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan permainan ini untuk mengajar jenis preposisi lainnya dan untuk ke berbagai tingkat kemahiran berbahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71803

Actions (login required)

View Item View Item