Prasetyowati, Dwi (2017) Proses pembelajaran mahasiswa kelas karyawan universitas swasta di malang (studi kasus Jurudsan Manajemen angkatan 2014 Universitas Widyagama Malang) / Dwi Prasetyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyowati Dwi. 2017. Proses Pembelajaran Mahasiswa Kelas Karyawan Universitas Swasta Di Malang (Studi Kasus Jurusan Manajemen Angkatan 2014 Universitas Widyagama Malang). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si Kata Kunci proses pembelajaran kelas karyawan metode pengajaran strategi pengajaran gaya belajar motivasi. Latar belakang subjek penelitian ini adalah orang yang sudah bekerja melanjutkan studi S1 namun dengan berbagai faktor dan kendala sehingga memilih di kelas karyawan. Kelas karyawan menawarkan masa studi yang sama dengan kelas reguler namun dengan proses pembelajaran yang lebih singkat umunya diadakan pada malam hari atau akhir pekan. Kenyataan bahwa kelas karyawan bisa lulus mendapat gelar S1 dengan masa studi yang sama dengan kelas reguler namun dengan waktu tatap muka perkuliahan yang lebih singkat. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mahasiswa kelas karyawan di S1 Jurusan Manajemen angkatan 2014 Universitas Widyagama Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa serta dosen yang mengajar kelas karyawan jurusan manajemen angkatan 2014 Universitas Widyagama Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang lebih kompleks tentang proses pembelajaran di kelas karyawan. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data dengan dibantu oleh instrument panduan wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dimulai dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data agar didapatkan data yang lebih valid. Hasil penelitian proses pembelajaran kelas karyawan jurusan manajemen ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) mahasiswa memiliki motivasi tinggi serta passion dibidang manajemen yang mendorong mahasiswa untuk memaksimalkan ilmu yang didapat dalam proses pembelajaran. (2) mahasiswa memiliki dominasi gaya belajar accommodating yang cepat belajar berdasarkan pengalaman langsung maupun pembelajaran dengan diskusi. (3) metode pengajaran problem based learning efektif digunakan dalam mengajar mahasiswa kelas karyawan. (4) strategi pengajaran fasilitatif sesuai dengan dengan metode pengajaran dan gaya belajar mahasiswa kelas karyawan sehingga lebih diminati mahasiswa untuk hadir dan aktif dalam proses pembelajaran. (5) mahasiswa lebih menyukai mencari sumber belajar sendiri daripada sumber belajar seperti buku yang telah diberikan dosen. (6) mahasiswa merasa cukup terfasilitasi proses pembelajarannya yang sama dengan kelas reguler dengan beberapa kebijakan berkaitan dengan tugas dan kehadiran jika ada urgent pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |