English teachers' perspectives, practices, and problems regarding the corrective feedback in students' writing / Dinar Karisma

Karisma, Dinar (2019) English teachers' perspectives, practices, and problems regarding the corrective feedback in students' writing / Dinar Karisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karisma, Dinar. 2019. English Teachers’ Perspectives, Practices, and Problems Regarding the Corrective Feedback in Students’ Writing. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. EnnyIrawati, M.Pd., (II)Dr. Johannes A. Prayogo, M.Pd, M.Ed. Kata Kunci :corrective feedback, menulis Menulismerupakansalahsatudariempatkeahlian yang harusdikuasaidalammempelajari Bahasa Inggris. Karena Bahasa InggrismerupakanbahasaasingbagisiswaIndonesia, makamereka pun seringmembuatkesalahan. Tidaksemuasiswamampumengoreksikesalahanmerekasendiri. Penelitianinibertujuanuntukmenginvestigasicorrective feedback. Secaraspesifik, penelitianinidilakukanuntukmengetahuiperspektif, praktik, danmasalah guru Bahasa Inggrisdalammemberikancorrective feedback. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif. Tiga orang gurudari SMAN 1 Tumpangdipilihsebagairespondenuntukmendapatkan data. Tigakriteriadigunakandalammemilihresponden, yaitupengalamanmengajar, sertifikasimengajar, dankesediaan guru. Tigakelasdarimasing- masingtingkatandipilih. Sumberpenelitiandiambildariwawancara, observasikelas,dandokumentertulis. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) guru setujubahwamemberikancorrective feedback itudibutuhkanolehsiswa. Alasandaripemberiancorrective feedback adalahuntukmembuatsiswatahudanbelajardarikesalahanmereka; mencegahsiswamembuatkesalahan yang sama; mengetahuikemampuan, pengetahuan, danpemahamansiswaterhadapmateri guru; danmeningkatkankepercayaandirisiswadalammempelajari Bahasa Inggris.Semua guru mengatakanbahwafaktor yang mempengaruhimerekadalammemberikandantidakmemberikancorrective feedback adalahwaktu. Inijugamenjadikekurangandaripemberiancorrective feedback. Para gurumelihatadanyaperbaikankeahliansiswameskipunhalinimembutuhkanwaktu yang lama. Akan tetapi, halinijugatergantungpadakemauansiswadalammemperhatikandanmempelajaricorrective feedback yang merekadapatkan; (2)meskipun para guru memilikiperspektif yang sama, merekamemilikicara yangberbedadalampraktiksehari - harinya.Satu guru memilih direct method, guru lainnyamemilih indirect method, dan guru terakhirmemilihkedua – duanya; (3) selainmenghabiskanwaktu yang sangat lama, masalahdaripemberiancorrective feedback adalahmerekaraguapakahsiswamemperhatikandanmaubelajardaricorrective feedback yang telahdiberikanatautidak. Untuk para guru, merekadiharapkantetapmemberikancorrective feedback kehasilkerjasiswa. Guru dapatmemilihcaraterbaikmerekadalammemberikancorrective feedback sehinggatidakakanmemberatkan. Untukmendapatkanperhatiansiswa, guru seharusnyajugamelakukankonferensikelasuntukmendiskusikankesalahansiswasertapenjelasanakanteknikcorrective feedback yang merekagunakanuntukmenghindarikesalahpahamansiswa. Untukpeneliti yang tertarikmenelititopik yang sama, disarankanuntukmelibatkanlebihbanyaksubyekdanmelakukanpenelitiandalamwaktu yang lebih lama agar mendapatkan data yang lebihlengkapdanlebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71799

Actions (login required)

View Item View Item