Teacher's roles in managing an English classroom at a vocational school / Ficha Liana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Teacher's roles in managing an English classroom at a vocational school / Ficha Liana Dewi

Dewi, Ficha Liana (2019) Teacher's roles in managing an English classroom at a vocational school / Ficha Liana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Ficha L. 2019. Peran Guru dalam Mengelola Kelas Bahasa Inggris di Sekolah menengah Kejuruhan. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widati M.A Ph.D. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd. Key words Pengelolaan kelas Kelas Bahasa Inggris Peran Guru Proses belajar dan mengajar bahasa Inggris tidak hanya membutuhkan interaksi siswa dan guru tetapi juga manajemen kelas yang efektif. Manajemen kelas yang efektif dapat membantu siswa untuk fokus pada kegiatan belajar. Guru memiliki peran besar dalam membuat hubungan yang baik dengan siswa selama proses belajar mengajar mereka memainkan peran guru untuk mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran guru yang dimainkan di kelas bahasa Inggris di sekolah kejuruan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah guru bahasa Inggris di SMKN 12 Malang. Data dikumpulkan menggunakan observasi kelas langsung 2 kali dengan kelas yang sama yang terdiri dari 28 siswa yang 13 perempuan dan 15 laki-laki. Data yang dikumpulkan dikategorikan ke dalam 9 jenis peran guru berdasarkan teori ahli. Pengamatan kelas dan wawancara terstruktur mengungkapkan bahwa guru berperan dalam kelas untuk menangani kelas bahasa Inggris. Peneliti menemukan 43 kegiatan guru yang diindikasikan sebagai peran guru. Peran guru tersebut dikategorikan ke dalam penyelenggara narasumber motivator model dan pengguna bahasa independen pengontrol penilai peserta pembisik dan inovator. Temuan dikategorikan ke dalam jenis peran guru berdasarkan karakteristik peran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru Bahasa Inggris harus bekerja sama dalam mempersiapkan proses belajar mengajar terutama menyiapkan ruang untuk kelas alat dan media untuk pembelajaran dan guru seperti audio proyektor LCD kamus dan alat tulis untuk mendukung peran guru dalam kegiatan kelas. Untuk peneliti masa depan disarankan untuk melanjutkan penelitian dengan batasan penelitian yang sama menggunakan desain penelitian lain atau metode penelitian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71798

Actions (login required)

View Item View Item