Using self-assessment to improve the tenth graders' writing of descriptive texts in Tourism Travel Business 2 in SMK Negeri 2 Kediri / Difa Zahrotuddiana

Zahrotuddiana, Difa (2020) Using self-assessment to improve the tenth graders' writing of descriptive texts in Tourism Travel Business 2 in SMK Negeri 2 Kediri / Difa Zahrotuddiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zahrotuddiana, Difa. 2019. Using Self-Assessment to Improve the Tenth Graders’ Writing of Descriptive Texts in Tourism Travel Business 2 in SMKN 2 Kediri. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd., (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A. Kata Kunci : Penilaian Mandiri, Menulis, Teks Deskriptif Penilaian mandiri beberapa waktu belakangan mendapat perhatian lebih karena sangat berguna pada perkembangan siswa. Pada penelitian ini, penilaian mandiri digunakan untuk penilaian dalam pembelajaran kemampuan menulis Bahasa Inggris. Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan dari studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2018 di kelas X Usaha Perjalanan Pariwisata 2, dapat diketahui bahwa siswa memiliki masalah dalam menulis dalam Bahasa Inggris. Penggunaan penilaian mandiri sebagai alat pembelajaran bertujuan agar siswa dapat menilai kemampuannya sendiri sehingga mereka dapat mengenali kesalahan yang dibuat. Diharapkan untuk kedepannya mereka dapat lebih berhati-hati dan memperhatikan kesalahan sebelumnya untuk tidak diulang dalam menulis Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK terdapat empat tahapan yaitu merencanakan, menerapkan, mengamati dan merefleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa dari kelas X UPW 2, SMKN 2 Kediri. Terdapat instrument yang digunakan untuk mengambil data yaitu pedoman wawancara, kuesioner, tabel penilaian, tabel observasi, catatan peneliti, hasil latihan siswa dan hasil menulis siswa. Adapun kriteria yang menunjukkan keberhasilan penelitian ini dibagi menjadi dua. Pertama, 80% siswa menunjukkan perolehan 80 poin pada latihan pemahaman materi, dan kedua, rata-rata pada serial aspek pada writing siswa menunjukkan perkembangan yang baik. Penemuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-assessment dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian ini mencapai kriteria sukses yaitu 83% siswa telah mendapat nilai 80 poin bahkan lebih pada latihan sebalum mereka menulis teks deskriptif dan nilai rata-rata dari setiap aspek yang dinilai pada hasil akhir teks deskriptif mereka menunjukkan perubahan dari yang mulanya cukup menjadi bagus. Tidak hanya itu, guru beserta siswa juga memberikan respon yang positif terhadap penerapan self-assessment ini. Kesimpulannya, pengaplikasian self-assessment dapat berpengaruh pada perkembangan siswa dalam menulis berbahasa Inggris. Dengan menganalisis kesalahan secara mandiri, siswa menjadi lebih waspada sehingga kemungkinan pengulangan kesalahan akan diminimalisir. Adapun tata cara penerapan self-assessment pada writing ini yaitu guru menjelaskan bagaimana cara pengisian self-assessment checklist secara benar dan jelas. Kemudian, siswa diminta untuk menganalisis pekerjaannya dengan menggunakan form self-assessment checklist yang telah dipersiapkan oleh guru. Selanjutnya, guru memberikan feedback kepada pekerjaan siswa secara individu sehingga siswa dapat mencocokkan kesalahannya dengan membandingkan hasil penilaian mandirinya dan dari masukan guru. Selanjutnya, disarankan kepada guru bahasa Inggris terutama untuk guru SMK untuk membuat media pembelajaran lebih kreatif dan beragam. Guru juga harms mengadaptasi self-assessment checklist dark Kompetensi Dasar. Sedangkan untuk peneliti yang lainnya, disarankan untuk penelitian lebih lanjut melibatkan variasi topik, tingkat pendidikan, serta tempat dan subjek yang berbeda. Tidak hanya itu, waktu yang akan digunakan untuk penelitian lebih panjang. Akan lebih baik lagi jika peneliti melakukan penilaian mandiri bersamaan dengan penilaian kelompok. Akhirnya, untuk guru dan peneliti yang lainnya, diharapkan agar lebih tegas dalam pelaksanaan penilaian mandiri sehingga siswa dapat mengisi seluruh poin yang ada pada daftar penilaian mandiri secara sempurna. Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71794

Actions (login required)

View Item View Item