Using word wall and last man standing game to improve vocabualry mastery of eleventh graders of SMKN 12 Malang / Septia Grabelia Vivianti Rondonuwu - Repositori Universitas Negeri Malang

Using word wall and last man standing game to improve vocabualry mastery of eleventh graders of SMKN 12 Malang / Septia Grabelia Vivianti Rondonuwu

Rondonuwu, Septia Grabelia Vivianti (2019) Using word wall and last man standing game to improve vocabualry mastery of eleventh graders of SMKN 12 Malang / Septia Grabelia Vivianti Rondonuwu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rondonuwu S. G. V. 2019. Penggunaan Word Wall dan Permainan Last Man Standing untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata pada Siswa Kelas Sebelas Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Andi Muhtar M.A. (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci Penguasaan Kosakata Word Wall Permainan Last Man Standing Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas sebelas akuntansi SMK Negeri 12 Malang. Pemilihan subjek didasari oleh masalah kurangnya kosakata yang ditemukan ketika proses Kajian dan Praktik Kerja Lapangan (KPL). Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan guru bahasa Inggris mengatakan bahwa kurangnya penekanan dalam pembelajaran kosakata. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai metode penelitian. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar adalah perencanaan implementasi pengamatan refleksi dengan tambahan pelatihan kosakata menggunakan permainan. Siklus kedua dilakukan dengan perubahan pada instrumen yang berupa tes kosakata untuk memastikan peningkatan penguasaan kosa kata siswa. Setiap hari siswa dipaparkan dengan 30 kata yang diganti setiap pertemuan sejak penelitian pendahuluan sampai pertemuan kedua. Pada pertemuan pertama siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi word wall dan permainan last man standing. Sebagai akhir dari siklus pertama di pertemuan kedua siswa tidak hanya melakukan strategi namun juga menyelesaikan tes kosakata yang sama dengan sebelumnya. Di pertemuan terakhir pelajaran ditutup dengan tes kosakata terakhir. Soal pada tes ini berbeda dari dua tes sebelumnya agar siswa tidak menghafalkan item yang tertera. Nilai tes siswa menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam penguasaan kosakata. Pada siklus pertama dan kedua seluruh siswa mampu mencapai skor minimum. Siswa diberikan kuisioner di akhir pertemuan untuk mengetahui pendapat mereka tentang penggunaan word wall dan permainan last man standing. Kuisioner tersebut menunjukkan hasil positif yang menyatakan bahwa strategi tersebut membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris dan dapat menjadi pembelajaran yang menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan word wall dan last man standing game dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas sebelas akuntansi. Namun peneliti menyarankan untuk memberikan instruksi yang lebih detail serta waktu penelitian yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71792

Actions (login required)

View Item View Item