Improving seventh graders' descriptive writing skills by using a mind mapping technique / Tri Ulfia Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving seventh graders' descriptive writing skills by using a mind mapping technique / Tri Ulfia Ningrum

Ningrum, Tri Ulfia (2019) Improving seventh graders' descriptive writing skills by using a mind mapping technique / Tri Ulfia Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningrum Tri Ulfia. 2019.Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas VII dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran.Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penasihat (1) Prof. Dr. Siusana Kweldju M.Pd (2) Dr. Furaidah M.A Kata kunci Pemetaan Pikiran teks deskriptif keterampilan menulis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan masalah belajar siswa di kelas. Dalam studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa siswa kelas 7 A SMP Negeri 12 Malang kurang memiliki kosa kata dan sering membuat kesalahan ejaan. Hanya 13 dari 29 siswa atau 44 82% dari siswa dapat mencapai skor yang sama atau di atas 72 pada tes menulis deskriptif mereka. Nilai kelulusan sekolah adalah 72. Peneliti menerapkan teknik pemetaan pikiran untuk meningkatkan pengetahuan kosakata siswa dalam hal makna dan untuk bertukar pikiran ide-ide mereka sebelum menulis teks deskriptif. Kegiatan ini dilakukan dalam 6 sesi. Peneliti fokus pada kata sifat karena pelajarannya adalah tentang menggambarkan orang-orang di sekitar siswa. Para siswa diminta untuk menulis secara deskriptif penampilan ukuran tubuh dan kepribadian seseorang. Para siswa diminta untuk menggambarkan karakteristik yang disebutkan berdasarkan daftar kata yang diletakkan di dinding. Topiknya adalah orang favorit saya hal favorit saya dan idola favorit saya. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas 7A di SMP Negeri 12 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis daftar observasi dan kuesioner. Kriteria keberhasilan adalah setidaknya 80% dari siswa dapat mencapai kelulusan kelas 75 atau lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya satu dari 29 siswa mendapat skor di bawah 75 yang berarti bahwa 96 10% siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam menulis teks deskriptif. Kesimpulannya teknik pemetaan pikiran dapat meningkatkan menulis teks deskriptif siswa dalam hal menghasilkan ide. Akhirnya disarankan bagi guru Bahasa Inggris bahwa teknik pemetaan pikiran harus dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan. Untuk peneliti masa depan mereka dapat menggunakan teknik ini di berbagai tingkat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71791

Actions (login required)

View Item View Item