Using sustained silent reading to improve the reading comprehension skills of the tenth graders of Panjura Senior High School Malang / Yuda Eko Prasetyo

Prasetyo, Yuda Eko (2020) Using sustained silent reading to improve the reading comprehension skills of the tenth graders of Panjura Senior High School Malang / Yuda Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Yuda Eko. 2019. Using Sustained Silent Reading to Improve the Reading Comprehension Skills of the Tenth Graders of Panjura Senior High School Malang. Thesis, Department of English, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Nur Hayati, S.Pd. M.Ed (II) Dra. Sri Andreani, M.Ed. Kata kunci: strategi sustained silent reading, kemampuan membaca Dalam belajar bahasa Inggris, salah satu kemampuan yang harus dikembangkang oleh siswa adalah membaca. Menurut peneliti dan sebagai guru selama praktik mengajar, ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak mampu membaca bahasa Inggris dengan baik. Salah satu faktornya adalah kurangnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki. Selain itu, siswa kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan membaca di kelas. Peneliti memutuskan menggunakan strategi Sustained Silent Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Strategi SSR dianggap tepat untuk mengatasi masalah karena memungkinkan siswa dapat memilih materi membaca yang dapat membantu mereka untuk lebih antusias dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tiga kali pertemuan yang melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner siswa, panduan wawancara, catatan lapangan, dan tes membaca. Kesuksesan mengunakan SSR strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dapat dilihat sebagai berikut. Pertama, menyiapkan materi yang menarik untuk siswa. Kedua,membagikan teks narrative dan meminta siswa untuk melakukan SSR selama 15 menit. Ketiga,minta kepada siswa agar menceritakan kembali teks dengan kata-kata mereka sendiri dan berikan apresiasi kepada siswa. Keempat, lakukam refleksi dan pembahasan sebelum berakhirnya kelas. Berdasarkan penggunaan strategy SSR, dapat disimpulkan bahwa strategy tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, namun tetap strategy tersebut masih memiliki kekurangan, oleh karena itu peneliti ingin memberikan saran untuk guru dan peneliti selanjutnya. Pastikan narrative text yang disediakan menarik minat baca untuk siswa, hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.Siswa perlu diberikan waktu untuk membaca sendiri sebagai latihan dalam SSR. Untuk peneliti selanjutnya penelitian ini bisa digunakan untuk penelitian tentang membaca supaya lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71787

Actions (login required)

View Item View Item