Learning strategy preferences of the seventh grade students of SMP Negeri 15 Malang / Fadhilah Nurviani Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Learning strategy preferences of the seventh grade students of SMP Negeri 15 Malang / Fadhilah Nurviani Effendi

Effendi, Fadhilah Nurviani (2019) Learning strategy preferences of the seventh grade students of SMP Negeri 15 Malang / Fadhilah Nurviani Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Effendi Fadhilah Nurviani. 2019. Prefererensi Strategi Belajar Siswa Kelas Tujuh SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M. A . Ph. D. (II) Dr. Suharyadi S.Pd M.Pd. Kata kunci pembelajaran strategi pilihan pembelajaran bahasa Inggris. Orang-orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau sebagai bahasa asing mereka. Pada saat ini para siswa telah memilih strategi belajar untuk mempermudah mempelajari bahasa Inggris dan untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam belajar bahasa Inggris khususnya para siswa/I kelas tujuh di SMP Negeri 15 Malang. Banyak siswa yang tidak menyadari manfaat strategi pembelajaran yang digunakan dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu banyak siswa berasumsi bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang lebih sulit dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji strategi pembelajaran yang paling disukai oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pilihan strategi pembelajaran siswa kelas tujuh SMP Negeri 15 Malang dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data. Instrumen ini diadopsi dari Oxford (1990) menggunakan inventory in language learning atau SILL. Selain itu pemilihan item yang sesuai dalam kuesioner untuk tingkat sekolah menengah pertama divalidasi oleh dosen di Universitas Negeri Malang dan seorang guru di SMP Negeri 15 Malang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMP Negeri 15 Malang. Kemudian sampel penelitian ini dipilih berdasarkan rekomendasi guru. Guru merekomendasikan kelas G yang terdiri dari 31 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi belajar yang digunakan oleh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 15 Malang lebih sering menggunakan memory strategi. Hasil penelitian berada pada category medium dengan nilai rata-rata frequency berkisar antara 2 5 sampai 3 4. Sebagian besar siswa kelas tujuh menggunakan Memory strategi dengan hasil rata-rata frequency (3 31) diikuti oleh Metacognitive and Affective strategi dengan rata-rata frequency masing-masing strategi (3 16) dan (3 10). Selain itu strategi pembelajaran yang paling rendah digunakan adalah Compensation social dan Cognitive strategi dengan rata-rata frequency (2 98) (2 88) dan (2 77). Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar siswa kelas tujuh SMP Negeri 15 Malang sering menggunakan strategi Memori untuk menghafal kosakata bahasa Inggris baru. Hasil penelitian termasuk dalam kategori medium. Mereka juga menggunakan strategi Metakognitif dan Affektif untuk mengelola proses belajar mereka dan memotivasi diri mereka sendiri dalam belajar bahasa Inggris. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi langsung dan strategi tidak langsung saling terkait. Namun siswa kelas tujuh SMP Negeri 15 Malang menggunakan strategi Memori sebagai strategi khusus untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu guru dapat menerapkan metode pengajaran yang sesuai yang sesuai dengan strategi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71781

Actions (login required)

View Item View Item