The use whatsapp group chat to improve senior high school students grade 10th skill in writing descriptive text / Nugroho Anggara Putra

Putra, Nugroho Anggara (2019) The use whatsapp group chat to improve senior high school students grade 10th skill in writing descriptive text / Nugroho Anggara Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra, Nugroho A. 2019. The Use of WhatsApp Group Chat to Improve Senior High School Students Grade 10th Skill in Writing Descriptive Text. Thesis, Department of English, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Dr. Niamika El Khoiri, S.Pd, M.A., (2) Dr. Enny Irawati, M.Pd Kata Kunci: media sosial, whatsapp, penilitian tindakan kelas, kemapuan menulis. Pendidikan modern sering mengadaptasi teknologi untuk mendukung metode dan instruksinya. Teknologi yang menjadi perhatian utama siswa adalah internet dan media sosial. Baru-baru ini, banyak peneliti bahasa melakukan studi pendidikan menggunakan media sosial karena atributnya yang menyenangkan dan menarik. Fitur menarik yang dimiliki media sosial diyakini dapat menarik siswa untuk belajar lebih dari media biasa (Bouhnik & Deshen, 2014). Sejalan dengan itu, saat ini guru bahasa didorong untuk menggunakan teknologi jejaring sosial (SNT) untuk mengajar bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai keunggulan teknologi modern. Data yang dihitung dari tes akhir menunjukkan rata-rata skor akhir siswa adalah 80,0. Itu adalah sekitar (87,10%) siswa yang mendapat ≥ 75 melewati kriteria skor minimum. Menurut perhitungan, saya menemukan bahwa peningkatan keseluruhan siswa meningkat, itu bisa dilihat tidak hanya dari nilai tetapi juga dari partisipasi mereka selama kegiatan menulis. Dalam metode penelitian, siswa dilatih oleh beberapa kegiatan untuk mengembangkan ekspresi deskriptif mereka. Kegiatan tersebut mengekspresikan karakteristik alam dan hewan dalam sebuah kalimat, membangun ekspresi kata sifat, melakukan pengayaan, dan latihan menulis. Dalam setiap pertemuan, para siswa juga diberikan beberapa latihan menulis untuk berlatih menulis teks deskriptif. Sebagai kesimpulan, pertama, hasil temuan memenuhi kriteria keberhasilan dan menjawab masalah penelitian yang ditanyakan peneliti dalam bab pertama, pertayaan penelitian. Kedua, partisipasi siswa setelah melakukan penelitian ini meningkat. Data yang diambil dari daftar observasi, wawancara guru, kuesioner, dan catatan lapangan telah memberikan hasil yang memuaskan yang menunjukkan bahwa siswa lebih antusias ketika mereka mencoba menggunakan media sosial untuk belajar menulis deskriptif. Saran bagi para peneliti di masa depan adalah bahwa sistem pemantauan siswa harus lebih intens untuk setiap siswa jika metode ini menggunakan media sosial sebagai alat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71780

Actions (login required)

View Item View Item