Using grammar chants to improve the tenth graders' grammar mastery / Nur Ma'izzatul Akmal

Akmal, Nur Ma'izzatul (2019) Using grammar chants to improve the tenth graders' grammar mastery / Nur Ma'izzatul Akmal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Akmal, N. M. 2019. Penggunaan Grammar Chants untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Murid Kelas Sepuluh. Skripsi tidak diterbitkan, Jurusan Sastra Inggris,Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Andreani, M.Ed. (2) Hasti Rahmaningtyas, S.Pd, M.A. Kata kunci: Grammar Chants, perbandingan kata sifat komparatif dan superlatif penguasaan tata bahasa, partisipasi murid. Murid-murid kelas X-BC di SMKN 2 Singosari memiliki masalah dalam penguasaan tata bahasa mereka. Hasil studi pendahuluan menunjukkan sebagian besar murid memiliki masalah dalam menjawab soal terkait denganperbandingan katasifat komparatif dan superlatif. Dengan demikian, peneliti memutuskan untuk menerapkan Grammar Chants karena menyenangkan dan praktis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi.Kriteria sukses dalam studi ini adalah 85% murid meningkat 5 poin dalam tes tata bahasa, dan 75% murid berpartisipasi aktif selama penerapan Grammar Chants. Instrumen-instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tata bahasa, lembar pengamatan, dan catatan lapangan. Temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa siklus 1 belum berhasil karena hanya 80% murid meningkat 5 poin serta hanya 67,5% murid berpartisipa- si aktif. Hal ini terjadi karena beberapa murid tidak menghadiri setengah atau keseluruhan pertemuan dan salah satu murid belajar lebih lambat dari yang lainnya. Ditambah, beberapa murid tidak berkonsentrasi saat latihan-latihan. Di samping itu, ada beberapa kesulitan yang ditimbulkan dari pengelompokan dan penugasan beberapa nyanyian yang berbeda tanpa dipraktekkan bersama-sama. Dengan demikian di siklus 2, peneliti meminta guru Bahasa Inggris meyakinkan para murid supaya mengikuti pembelajaran berikutnya, memberikan dorongan pribadi terhadap murid yang belajar lebih lambat, berkeliling kelas untuk memberikan bantuan saat diperlukan, menugaskan Grammar Chants yang sama dan membiarkan murid-murid mempraktikkan terlebih dahulu, dan mengizinkan mereka untuk tampil secara individu atau di dalam grup. Siklus 2 berhasil karena 90% murid meningkat 5 poin dan 86,25% murid berpartisipasi aktif. Dari temuan-temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Grammar Chantsmampu meningkatkan kemampuan tata bahasa murid dalam perbandingan katasifat komparatif dan superlatif karena latihan-latihannya membantu para murid untuk mempelajari rumus-rumus secara lebih mudah dan menyenangkan. Murid-murid berpartisipasi secara aktif yang ditandai dengan partisipasi aktif di dalam kelas. Disarankan bahwa para peneliti di masa depan mampu menyiapkan skenario pembelajaran yang baik sesuai dengan karakteristik murid seperti membiarkan mereka tampil secara individu atau berkelompok karena beberapa murid bisa saja malu atau tidak nyaman. Ditambah, para peneliti di masa depan disarankan supaya mempertahankan komunikasi yang baik terhadap guruBahasa Inggris. Disarankan juga bahwa guru Bahasa Inggris lebih memperhatikan murid yang bisa jadi memiliki masalah berbeda di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71779

Actions (login required)

View Item View Item