The descriptive study of english speaking self-efficacy on Senior High School Students / Firlyano Fadly

Fadly, Firlyano (2019) The descriptive study of english speaking self-efficacy on Senior High School Students / Firlyano Fadly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadly, Firlyano. 2019. Studi Deskriptif Efikasi-Diri Berbahasa Inggris pada Siswa SMA. Tesis. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Furaidah, M.A., (II) Dr. Anik Nunuk Wulyani, M.Pd. Dalam konteks belajar dan mengajar efikasi-diri berbahasa Inggris memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan berbicara siswa, yang berarti siswa yang memiliki efikasi-diri dalam berbicara yang tinggi akan memiliki kinerja berbicara yang lebih baik. Namun, ada beberapa masalah terkait dengan efikasi-diri,seperti takut melakukan kesalahan dan tidak percaya diri ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan efikasi-diri dalam berbahasa Inggris siswa sekolah menengah atas, dan (2) menggambarkan sumber (faktor) penyebab masalah efikasi-diri siswa Sekolah Menengah Atas Analisis data deskriptif bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang data kemanjuran keterampilan berbicara siswa dan sumber kemanjuran keterampilan berbicara. Penelitian ini melibatkan 77 siswa di SMAN 10 Malang usia 15-17 tahun. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi 25 pertanyaan. Analisis data menggunakan software SPSS 19. Jawaban siswa diberi skor berdasarkan pedoman penilaian yang telah ditentukan. Selain itu, data dianalisismenggunakan teknik analisis deskriftif (persentase), yang bertujuan untuk menunjukkan proporsi siswa yang memiliki efikasi-diri dalam berbicara Bahasa inggris. Analisis statistik deskriptif juga bertujuan untuk menganalisis sumber self-efficacy pada siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) efikasi-diri berbicara siswa sangat rendah, yang dapat dilihat dari efikasi- diri dalam berbicara dalam aspek-(a) pengucapan, (b) kosa kata, (c) tata bahasa, (d) pengungkapan ide. Sebagian besar siswa (61%) masih dalam tingkat cukup yakin dan tidak yakin. Hanya beberapa siswa yang memiliki self efficacy tinggi dan sangat tinggi. (2) Berdasarkan sumber efikasi-diri dalam berbicara, sebagian besar siswa melaporkan memiliki pengalaman yang sukses atau tidak, namun, yang perlu diatasi adalah frekuensi siswa yang belum pernah mengalami kesuksesan atau kegagalan, artinya siswa lebih suka untuk memilih posisi yang aman dan tidak berpartisipasi. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa perasaan takut, kekhawatiran, kecemasan, kecanggungan, dan kebingungan mendominasi perasaan siswa ketika berbicara dalam Bahasa Inggris. Selain itu, terbukti bahwa sebagian besar siswa melaporkan menerima persuasi dari guru. Disimpulkan bahwa persuasi sosial untuk berbicara dalam bahasa Inggris masih didominasi oleh peran guru di kelas. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa selain guru Bahasa inggris, ada panutan lain seperti YouTube dan aktor dalam film yang memengaruhi siswa mengembangkan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris mereka dengan pembelajaran secara tidak langsung dengan mengamati model. Kata kunci: Efikasi-diri dalam berbicara, Siswa, Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71778

Actions (login required)

View Item View Item