The input of speech acts in an English coursebook "Bahasa Inggris Kelas X" for tenth grade students / Inasni Dyah Rahmatika - Repositori Universitas Negeri Malang

The input of speech acts in an English coursebook "Bahasa Inggris Kelas X" for tenth grade students / Inasni Dyah Rahmatika

Rahmatika, Inasni Dyah (2019) The input of speech acts in an English coursebook "Bahasa Inggris Kelas X" for tenth grade students / Inasni Dyah Rahmatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmatika Inasni Dyah. 2019. The Input of Speech Acts in an English Coursebook Bahasa Inggris Kelas X for Tenth Grade Students. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Hasti Rahmaningtyas S.Pd M.A Kata kunci buku ajar tindak tutur input pragmatik Tindak tutur sebagai input pragmatik memiliki peran penting dalam materi bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan siswadalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Untuk memahami penggunaan dan makna bahasa Inggris dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas sebuah buku ajar diperlukan untuk menyediakan lebih banyak paparan materi juga latihan yang cukupagar siswa dapat menguasai penggunaan pragmatikdalam percakapan sehari-hari. Dengan ini peneliti tertarik untuk meneliti macam-macam tindak tutur sebagai input pragmatik yang ada di dalam buku ajar bahasa Inggris serta latihan-latihan soal yang menunjang penggunaan pragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur sebagai input pragmatikyang digunakan di buku ajar berjudul Bahasa Inggris Kelas X (Revisi 2017)yang diterbitkan olehKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tindak tutur yang dibahas meliputi ungkapan-ungkapan yang umum ditemukan di percakapan sehari-hari. Macam-macam tindak tutur ini adalahsapaan pujian dan tanggapan terhadap pujian permintaan penolakan keluhan ucapan terima kasih permintaan maaf dan undangan. Sebagai tambahan jenis-jenis latihan yang meliputi tindak tutur juga akan dideskripsikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimulai dengan mengobservasi setiap bab dalam buku ajar kemudian mengambil sampel jenis-jenis tindak tutur dari setiap materi dan latihan soal yang disajikan. Data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui pembacaan yang teliti kemudian menginterpretasi hasil serta menarik kesimpulan. Hasil dari analisis yang diperoleh adalah hanya ada tujuh dari delapan jenis tindak tutur yang disajikan di buku ajar. Permintaan maaf tidak ditemukan sedangkan jenis-jenis tindak tutur lain tersebar di beberapa bab. Beberapa tindak tutur (seperti sapaan serta pujian dan tanggapan terhadap pujian) dijelaskan dengan mendalam baik dalam materi maupun latihan soal khususnya jika tindak tutur itu merupakan materi pokok yang dibahas di dalam suatu bab.Namun jenis tindak tutur yang sama tidak muncul di bab-bab lain karena bukan merupakan materi pokok. Jenis-jenis tindak tutur lainhanya muncul sekali atau dua kali beberapa hanya ada di materi atau di latihan soal. Sebagai tambahan beberapa jenis tindak tuturdisajikan sesuai dengan latar belakang budaya siswa (seperti contoh sapaan di bab pertama) sedangkan mayoritas tindak tutur lain disajikan dalam Bahasa Inggris-Amerika. Hasil ini menunjukkan bahwatindak tuturtelah disatukan dan disesuaikandengan materi yang ada di buku ajar namun masih ada beberapa tindak tutur yang kurang dibahas dengan mendalamsehingga siswabelum mendapat materi yang cukup hingga bisa menggunakan tindak tutur sebagai input pragmatik dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran-saran berikut diberikan kepada penulis buku ajar guru bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya.Pertama untuk penulis buku ajar disarankan agar buku ajar dapat memuat jumlah yang seimbang antara penjelasan mengenai tindak tuturdan jenis-jenis latihan sesuai dengan macam-macam tindak tutur yang tersaji dalam buku.Kedua untukguru bahasa Inggris disarankan agar materi tentang tindak tutur dapat diambil dari sumber lain. Ketiga untuk peneliti selanjutnya disarankan agar dapat mempelajari topik serupa dengan jenjang berbeda atau dengan buku ajar berbahasa Inggris dari penerbit lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71773

Actions (login required)

View Item View Item