Learning achievement of articles and copulas in descriptive texts by upper secondary level students: evidence from obligatory occasion analysis / Aulia Meylinda

Meylinda, Aulia (2019) Learning achievement of articles and copulas in descriptive texts by upper secondary level students: evidence from obligatory occasion analysis / Aulia Meylinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meylinda, Aulia. 2019. Pencapaian Belajar Artikel dan Kopula dalam Teks Deskriptif oleh Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas: Bukti dari Obligatory Occasion Analysis. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A., (II) Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd. Kata kunci: obligatory occasion analysis, artikel, kopula, teks deskriptif, akurasi, pencapaian belajar Belajar menggunakan artikel dan kopula secara akurat sangat sulit bagi siswa Indonesia dikarenakan kurangnya kedua morfem tersebut dalam Bahasa Indonesia. Akibatnya, siswa sering melakukan kesalahan dalam menggunakan artikel dan kopula. Oleh karena itu, mengetahui keakuratan siswa dalam menggunakan artikel dan kopula sangat diperlukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa akurat siswa tingkat sekolah menengah atas menggunakan artikel dan kopula serta urutan pencapaian belajar kedua morfem tersebut. Penelitian ini menggunakan obligatory occasion analysis sebagai metode untuk menganalisis teks deskriptif tertulis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Malang. Namun, hanya siswa kelas X dan XI yang diambil sebagai subjek penelitian ini karena siswa kelas XII sedang mempersiapkan ujian nasional mereka pada saat studi ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berfokus pada penggambaran akurasi siswa serta urutan pencapaian belajar artikel dan kopula. Petunjuk menulis digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Peneliti bertindak sebagai pembimbing yang memberikan petunjuk menulis pada siswa untuk membantu mereka dalam membuat teks deskriptif. Saat menganalisis data, peneliti juga mengkategorikan data berdasarkan kelas siswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi antara siswa dengan tingkatan kelas yang berbeda serta tingkat kecakapan yang berbeda. Hasil temuan menunjukkan bahwa perhitungan akurasi rata-rata siswa kelas X untuk artikel adalah 65,93 persen dan kopula adalah 80,75 persen. Sementara itu hasil dari kelas XI untuk artikel adalah 74,77 persen dan kopula adalah 88,98 persen. Hal ini menunjukkan bahwa kopula paling sering digunakan dengan tepat dalam tulisan siswa, sedangkan artikel sering digunakan dengan tidak tepat dalam tulisan siswa. Persentase akurasi untuk kopula oleh siswa kelas X dan X adalah di atas 75, sedangkan persentase akurasi untuk artikel tidak mencapai persentase minimum (75 persen) yang menunjukkan bahwa siswa membutuhkan lebih banyak input dan latihan dalam menggunakan artikel. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam hal urutan akurasi antara siswa dengan tingkat kecakapan yang berbeda. Di antara dua morfem, ditunjukkan bahwa siswa kelas X dan XI menggunakan kopula dengan paling akurat, lalu diikuti oleh artikel. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa siswa membutuhkan lebih banyak input dan latihan dalam menggunakan artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71771

Actions (login required)

View Item View Item