Using digital storytelling to improve vocational high school students' skill in writing narrative texts / Nurul Istiqomah

Istiqomah, Nurul (2020) Using digital storytelling to improve vocational high school students' skill in writing narrative texts / Nurul Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Istiqomah, Nurul. 2019. Menggunakan Digital Strorytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menulis Teks Naratif. Tesis, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Suharyadi, M.Pd. (1), Nova Ariani, S.Pd., M.Ed. (II). Kata kunci: digital storytelling, keterampilan menulis, teks naratif. Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dengan guru bahasa Inggris dan pra-kuesioner kepada siswa kelas sepuluh Multimedia 1 di SMKN 10 Malang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis dan tidak tertarik pada kelas menulis. Hasil dari tugas menulis 1 yang meminta siswa untuk menulis paragraf narasi pendek menunjukkan bahwa hanya 5 dari 31 siswa mencapai nilai kelulusan minimum yang ditetapkan oleh sekolah (76) sedangkan sisanya 26 siswa. tidak dapat mencapainya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi digital storytelling untuk menyelesaikan masalah dalam penulisan yang dilakukan di SMKN 10 Malang dengan subjek kelas sepuluh siswa Multimedia 1. Ada beberapa langkah implementasi digital storytelling: (1) Storyboarding; (2) Menulis teks naratif berdasarkan papan cerita; (3) Merevisi teks naratif berdasarkan lembar evaluasi penulisan sendiri; (4) Mengumpulkan media dan merekam narasinya; (5) Mengedit digital storytelling menggunakan Adobe Premiere; (6) Mengunggah karya mereka ke grup Edmodo; dan (7) Memberikan komentar satu sama lain. Dalam penelitian ini, ada dua kriteria keberhasilan: (1) 75% siswa dapat mencapai skor sama atau di atas 76, dan (2) 75% siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Tugas menulis, daftar observasi, catatan lapangan, dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Dalam penelitian ini, data kualitatif dianalisis menggunakan model analitis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1994) sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua kriteria keberhasilan dapat dicapai oleh siswa. Selain itu, para siswa menyatakan bahwa storyboarding dan editing adalah aspek yang paling membantu dari digital storytelling untuk peningkatan keterampilan menulis mereka. Kedua aspek membantu mereka dalam menghasilkan dan mengatur ide. Para siswa menambahkan bahwa digital storytelling membuat kegiatan menulis lebih mudah. Selain itu, multimedia dalam digital storytelling membuat siswa lebih tertarik untuk belajar menulis. Dapat disimpulkan bahwa digital storytelling telah berhasil meningkatkan keterampilan menulis dan motivasi siswa di kelas menulis. Akhirnya, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan digital storytelling sebagai strategi tambahan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Untuk peneliti masa depan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan studi serupa menggunakan genre teks lain dan perangkat lunak pengeditan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71770

Actions (login required)

View Item View Item