The effect of scaffolding strategy through Genre Based Approach (GBA) on students' writing performance / Aliffah Kurnia Anggreini

Anggreini, Aliffah Kurnia (2020) The effect of scaffolding strategy through Genre Based Approach (GBA) on students' writing performance / Aliffah Kurnia Anggreini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurnia, Aliffah. 2019. The Effect of Scaffolding Strategy through Genre Based Approach (GBA) Writing on Students’ Writing Performance. Thesis, English Language Teaching, Under Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono. M.Pd. M.A, Ph.D. (II) Nur Hayati, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci: Scaffolding, Genre based approach, Recount text. Menulis adalah proses kompleks yang membutuhkan pembelajaran scaffolding. Scaffolding adalah strategi di mana seorang siswa di awal pembelajaran diberi banyak dukungan dengan model dan instruksi terlatih untuk melakukan tugas tertentu di setiap tahap proses penulisan. Penelitian ini menggabungkan empat tahap GBA dengan scaffold untuk membantu siswa memiliki pemahaman yang lebih baik dan dukungan yang memadai. Setiap tahap bervariasi dengan penggunaan seri gambar dan grafik organizer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi scaffolding melalui pendekatan berbasis Genre untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks recount, dan tanggapan siswa tentang penggunaan strategi scaffolding melalui Pendekatan Berbasis Genre Desain penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental yang melibatkan dengan satu subjek kelompok (satu kelas). Subjek penelitian adalah siswa X-DKV dari SMK Bayt-Al Hikmah Pasuruan. Jumlah siswa adalah tiga belas. Subjek diberi pre-test, treatment, dan post-test. Treatment dilakukan dalam tiga kali pertemuan, siswa diberikan scaffolding yang dapat membantu mereka dalam mengatasi kesulitan menulis teks recount, setelah itu pada pertemuan terakhir siswa diberikan post-test. Tes tersebut dalam bentuk tes tulis. Hasil tes dinilai berdasarkan tiga kriteria: konten, organisasi, dan bahasa. Analisa statistik diperoleh dalam bentuk nilai sebagai indikasi keefektifan strategi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sebagian besar siswa merespons secara positif terhadap penggunaan strategi scaffolding melalui GBA. Skor post-tes siswa secara signifikan lebih tinggi daripada skor pre-test. Ini berarti bahwa para siswa mendapat skor yang lebih baik setelah mendapatkan treatment. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi scaffolding melalui Genre Based Approach adalah metode yang efektif untuk diimplementasikan dalam pengajaran menulis teks recount. Selain peningkatan skor, berdasarkan kuesioner, siswa juga memiliki motivasi yang lebih setelah diajar menggunakan scaffolding. Lebih lanjut, ada juga saran singkat untuk peneliti dan guru yang akan datang, penggunaan scaffolding harus menyesuaikan tingkat kelas materi pembelajaran siswa. Selain itu, jangka waktu pelaksanaan treatment harus mempertimbangkan kebutuhan guru. Guru perlu lebih banyak waktu untuk memilih materi dan aktifitas scaffolding yang tepat untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71768

Actions (login required)

View Item View Item