Using jigsaw method to improve the seventh grade students' reading comprehension / Al Husna Maya Dita

Dita, Al Husna Maya (2020) Using jigsaw method to improve the seventh grade students' reading comprehension / Al Husna Maya Dita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa Inggris yang dibutuhkan siswa untuk dipelajari di sekolah. Namun, mempelajari pemahaman membaca tidaklah mudah. Ada beberapa masalah yang ditemukan di kelas tujuh SMP 8 Negeri Surabaya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kosakata siswa dan juga kesulitan mereka dalam mengidentifikasi ide utama, dan ide secara spesifik dalam teks. Sehingga peneliti menggunakan metode Jigsaw untuk menyelesaikan masalah ini. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas tujuh SMP 8 Negeri Surabaya pada semester kedua tahun akademik 2018/2019. Bahan bacaannya adalah teks deskriptif yang berkaitan dengan pariwisata. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan membaca, observasi dan kuestionair. Siklus ini dapat dianggap berhasil jika (1) 75% siswa mencapai peningkatan ≥ 4 poin, (2) 75% siswa aktif dalam berpartisipasi dalam pelajaran dan (3) 75% siswa menunjukkan respons positif terhadap penerapan metode Jigsaw. Pada siklus 1, peneliti menemukan bahwa 68% siswa mendapatkan skor di bawah kriteria keberhasilan. Oleh karena itu strategi harus dilanjutkan kembali dalam siklus 2. Pengelompokan acak yang digunakan peneliti dalam siklus 1, mempengaruhi partisipasi siswa yang beberapa siswa menolak untuk kembali kekelompok “homegroup” mereka dan mengganggu siswa lain. Pada siklus 2, peneliti menggunakan pengelompokan berdasarkan posisi duduk mereka. Sehingga, para siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79% siswa menunjukkan peningkatan ≥ 4 poin dalam siklus 2. Dari hasil kuestionair, siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode jigsaw. Hasil dari daftar observasi menunjukkan 96% dari siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif. Metode jigsaw ini dapat berhasil apabila pelaksaannya terencana dengan matang dan memiliki material yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Berikut ini prosedur yang berhasil dilaksanakan dalam penelitian ini, adalah (1) pengelompokan, (2) pemilihan materi, dan (3) peran guru sebagai fasilitator. Penting juga bagi para guru untuk dapat memantau dan mengendalikan program pembelajaran dengan baik dalam metode Jigsaw ini. Sebagai peneliti, dapat digunakan sebagai sumber daya dan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam menerapkan metode Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman membaca. Kata Kunci: Metode Jigsaw, Pemahaman Membaca, Teks Deskriptif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71766

Actions (login required)

View Item View Item