The implementation of semantic mapping strategy to increase the eighth graders' mastery of vocabulary in descriptive texts / Amira Wahyu Anditasari

Anditasari, Amira Wahyu (2020) The implementation of semantic mapping strategy to increase the eighth graders' mastery of vocabulary in descriptive texts / Amira Wahyu Anditasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anditasari, A.W. 2019. The Implementation of Semantic Mapping Strategy to Increase The Eight Graders’ Mastery of Vocabulary in Descriptive Text. Thesis, Department of English, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Sri Andreani, M.Ed. (II) Dr. Utari Praba Astuti, M.A Kata Kunci: pemetaan semantik, penguasaan kosakata, keterlibatan siswa. Kosakata memiliki peran penting dalam belajar bahasa Inggris karena membantu siswa untuk menguasai empat keterampilan bahasa Inggris dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, menghasilkan kalimat, dan mengekspresikan ide-ide. Namun, siswa kelas delapan SMPN 1 Nglames mengalami kesulitan dalam menghafal kata-kata bahasa Inggris dan membedakan bagian pelafalan. Selain itu, siswa menjadi kurang aktif selama kegiatan kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerepkan semantic mapping guna meningkatkan kemampuan kosa-kata siswa dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 1 Nglames dan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Ada empat tahap dalam melakukan penelitian; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Ada dua data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kemampuan kosa kata siswa dan keterlibatan siswa selama kegiatan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua instrumen; tes kosakata dan lembar observasi. Ada dua kriteria kesuksesan terkait data tersebut. Pertama, 80% siswa harus mendapatkan sepuluh poin dalam tes kosa kata. Kedua, 70% dari siswa harus terlibat aktif selama kegiatan kelas. Hasil pada siklus satu menunjukkan bahwa 68% siswa memperoleh sepuluh poin dalam tes kosa kata dan 62% siswa terlibat aktif selama kegiatan kelas. Hasil di siklus satu tidak memenuhi kriteria keberhasilan. Kemudian, peneliti melakukan siklus selanjutnya dan membuat perbaikan. Perbaikan pertama yaitu memberikan lebih dari dua contoh pemetaan semantik bagi para siswa. Kedua, mengubah kegiatan kelas menjadi berkelompok daripada berpasangan. Hasil dalam siklus dua menunjukkan bahwa 88% siswa memperoleh sepuluh poin dalam tes kosa kata dan 73% siswa terlibat aktif selama kegiatan kelas. Hasil di siklus dua mencapai kriteria keberhasilan dan siklus berhenti. Dapat disimpulkan bahwa pemetaan semantik meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan membuat siswa terlibat aktif selama kegiatan kelas. Guru bahasa Inggris disarankan untuk mengelompokkan siswa saat membuat pemetaan semantik dan meninjau kosa kata siswa di akhir pelajaran untuk memperkuat hafalan siswa. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk memberikan lebih dari dua contoh pemetaan semantik untuk membuat siswa memahami penggunaan pemetaan semantik dengan benar, menerapkan pemetaan semantik dalam berbagai jenis teks untuk meningkatkan kualitas pengajaran kosa kata dan menyediakan lebih dari dua pertemuan dalam mengimplementasikan strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71765

Actions (login required)

View Item View Item