Teacher's strategies in teaching english vocabulary for young learners at TK PKK 01 Harapan Sengonagung / Andy Nur Romdhoni Arifin

Arifin, Andy Nur Romdhoni (2020) Teacher's strategies in teaching english vocabulary for young learners at TK PKK 01 Harapan Sengonagung / Andy Nur Romdhoni Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifin, Andy Nur Romdhoni. 2019. Strategi Guru dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris untuk Pelajar Usia Dini di TK PKK 01 Harapan Sengonagung. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembibing: Nur Hayati, S.Pd, M.Ed. dan Dr. Suharyadi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pelajar usia dini, kosakata, strategi mengajar Mengajar Bahasa Inggris untuk pelajar usia dini adalah tentang memperkenalkan kosakata. Kosakata adalah komponen dasar yang harus diketahui saat mempelajari bahasa baru. Oleh karena itu teknik yang tepat harus diterapkan oleh guru untuk membantu siswa belajar kosakata bahasa Inggris lebih mudah. Penelitian ini mendeskripsikan pengajaran kosa kata kepada pelajar muda yang dilakukan oleh guru TK PKK 01 Harapan Sengonagung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh guru dalam memperkenalkan kosakata bahasa Inggris dan bagaimana guru menerapkan strategi tersebut di kelas. Peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif. Dia mengumpulkan data dengan mengamati proses belajar mengajar dalam tiga pertemuan yang masing-masing berlangsung 30 menit, melakukan wawancara dengan guru, dan mendokumentasikan beberapa data penting yang mendukung penelitian ini. Data dikumpulkan dalam bentuk naskah wawancara dan catatan lapangan. Teknik dalam menganalisis data adalah penyempitan data untuk memilih data yang relevan, mengelompokkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris TK PKK 01 Harapan Sengonagung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa teknik untuk memperkenalkan kosakata bahasa Inggris kepada siswa. Strateginya adalah translation, demonstration, using visual aids dan realia, using songs, listen-do, listen-repeat, dan question-answer. Dalam penerapannya, guru menggabungkan beberapa strategi dalam setiap pertemuan proses belajar mengajar. Guru memilih strategi berdasarkan karakteristik siswa dan jenis kosakata yang ingin disampaikan. Fokus dari proses belajar mengajar adalah tentang arti kata dan pelafalannya. Dari strategi-strategi tersebut, kegiatan listen-do dan using songs mendapat respon paling positif dari para siswa. Salah satu ciri dari pelajar usia dini adalah pelajar yang aktif. Oleh karena itu, siswa sangat antusias ketika guru menggunakan strategi tersebut. Strategi tersebut membutuhkan partisipasi aktif dari siswa dalam proses belajar mengajar. Termasuk beberapa gerakan dan tindakan yang harus dilakukan oleh para siswa. Berdasarkan fakta-fakta di atas, guru bahasa Inggris, terutama untuk pelajar usia dini, diharapkan untuk menggunakan beberapa strategi dan media yang menarik dan menarik bagi siswa karena dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas. Para guru harus memberikan repetisi yang cukup kepada siswa agar dapat mengingat kata-kata bahasa Inggris dengan baik. Memberi contoh yang tepat dalam pengucapan juga sangat penting, oleh karena itu guru harus berlatih sebelum mempresentasikannya kepada siswa. Untuk peneliti lain, diharapkan mereka dapat mempelajari topik ini lebih menyeluruh dengan investigasi yang lebih mendalam. Penelitian di tempat dan subjek yang berbeda akan mendapatkan lebih banyak hasil dan dapat mengungkapkan strategi yang lebih bervariasi untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71764

Actions (login required)

View Item View Item