The listening subtest in english national examination 2016 for 12th graders language program in SMA 9 Malang: and evaluative study / Winda Widya Ningrum

Ningrum, Winda Widya (2020) The listening subtest in english national examination 2016 for 12th graders language program in SMA 9 Malang: and evaluative study / Winda Widya Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningrum, Winda Widya. 2019. Evaluative Study on the Listening Subtest in the English National Examination to 12th Graders Language Program SMA 9 Malang: An Evaluative Study,, Thesis, Department of English, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd. (II) Nur Hayati, S.Pd, M.Ed. Kata kunci: Ujian nasional bahasa Inggris, tes mendengarkan, analisis butir soal Tujuan utama diadakannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengajaran listening di SMA 9 Malang tahun akademik 2016/2017 kualitas listening ujian nasional bahasa Inggris 2016 dan. Aturan-aturan dan prinsip yang digunakan untuk mengevaluasi tes pada penelitian ini adalah berdasarkan kriteria tes yang baik yang harus dicapai oleh sebuah test agar menjadi sebuah alat ukur yag baik dalam menilai kemampuan siswa SMA 9 Malang. Syarat-syarat untuk mengevaluasi sebuah tes yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah reliabilitas, validitas muka, validitas isi, tingkat kesulitan butir soal, dan daya pembeda. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif. Metode analisis kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mengevaluasi kualitas tes, Data yang digunakan adalah kisi-kisi soal oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, lembar jawaban siswa, naskah soal, dan jawaban wawancara guru dan siswa. Data dihitung secara manual dengan menggunakan program Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis, tes soal bagian listening memliki reliabilitas yang tinggi. Begitupula dengan validitas muka dan validitas tes memliki validitas yang ttinggi karena sudah sesuai aturan. Namun, tingkat kesukaran soal tergolong rendah dan hanya beberapa soal saja yang bisa dianggap membedakan antara siswa golongan atas dan bawah. Sebanyak 66,67% soal memiliki pengecoh yang tidak berfungsi dengan baik. Disarankan bahwa untuk pembuat soal listening meningkatkan kualitas tes dengan mengevaluasi tes sebelum dan sesudah ujian nasional diadakan. Ini dikarenakan, meskipun ujian listening nasional bahasa Inggris 2016 di SMA 9 Malang untuk kelas XII program bahasa tahun akademik 2016/2017 dianggap memiliki reliabilitas, validitas muka, dan validitas konten yang baik, namun tidak dapat menunjukkan hasil yang memuaskan dalam analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71763

Actions (login required)

View Item View Item