The effectiveness of the fishbowl strategy on developing students' speaking skill / Ulfah Alifah Yuliarso - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of the fishbowl strategy on developing students' speaking skill / Ulfah Alifah Yuliarso

Yuliarso, Ulfah Alifah (2020) The effectiveness of the fishbowl strategy on developing students' speaking skill / Ulfah Alifah Yuliarso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuliarso Ulfah Alifah. 2019. Keefektifan Penggunaan Strategi Fishbowl terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Andreani M.Ed. (II) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Strategi Fishbowl Rancangan Experimental Keterampilan berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasaioleh siswa di sekolah. Dengan menggunakan strategi yang tepat para siswa dapat mencerna materi dan meningkatkan keterampilan mereka melalui keterampilan berbicara bahasa Inggris dalamberkomunikasi. Salah satu strategi pembelajaran untuk melatih kemampuan berbicara siswa adalah strategi Fishbowl. Strategi fishbowl adalah bentuk diskusi dimana sebagian siswa berdiskusi di dalam lingkaran dan sebagian siswa lainnya berada di luar lingkaransebagai pendengar dalam memberikan kritik dan saran terhadap sebuah argumen. Strategi fishbowl dapat menjadi strategiyang tepat untuk berdiskusi terhadap peningkatanketerampilan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah siswa yang dilatih dengan menggunakanstrategi fishbowl dapat berbicara lebih baik dibandingkan siswa yang dilatih dengan teknik panduan berbicara. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 3 Blitar. Total populasi di dalam penelitian iniberjumlah 132 siswa. Kelas APH 3 dan APH 4 ditetapkan sebagai sampel. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Mereka terpilihatas rekomendasi yang diberikan oleh guru tersebut dan peneliti membutuhkan dua kelas dengan tingkat prestasi yang sama untuk dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann-Whitney U Testmenunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0.05. Skor rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 18.30 dan skor rata-rata dari kelompok kontrol adalah 13.10. Oleh karena itu hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa siswa yang dilatih dengan menggunakan strategi fishbowl dapat belajarberbicaradengan lebih baik daripada siswa yang dilatih dengan menggunakan teknik panduan berbicara adalah dapat diterima. Dengan demikian strategi fishbowl terbukti efektif terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71762

Actions (login required)

View Item View Item