The implementation of picture-cues-based-strategy to improve the 8th graders' reading comprehension skill / Nadya Maulidyah Rakhmadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of picture-cues-based-strategy to improve the 8th graders' reading comprehension skill / Nadya Maulidyah Rakhmadhani

Rakhmadhani, Nadya Maulidyah (2019) The implementation of picture-cues-based-strategy to improve the 8th graders' reading comprehension skill / Nadya Maulidyah Rakhmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulidyah R Nadya. 2019. Implementasi Isyarat Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Murid Kelas 8. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. (II) Rahmati Putri Yaniafari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Isyarat Gambar Pemahaman Membaca Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan masalah siswa di kelas. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada saat melakukan KPL pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 10 Malang ditemukan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dikarenakan kurangnya minat belajar bahasa asing. Peneliti juga menemukan bahwa siswa memiliki tingkat penguasaan pemahaman pada kegiatan membaca. Pada pertemuan pertama siswa diberikan tes sebelum peneliti mengimplementasi strategi pembelajaran. Dari hasil test nilai rata rata siswa masih sangat rendah yaitu 64.3 dan tidak memenuhi standart nilai. Kurangnya motivasi belajar dan jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan minat belajar siswa kurang. Oleh karena itu penelitian ini bertuuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan menambah motivasi belajar siswa terutama dalam kegiatan membaca. Peneliti menerapkan teknik isyarat gambar untuk meningkatkan minat siswa dan pemahaman pada kegiatan membaca. Terutama pada kemampuan pemahaman siswa pada materi teks recount. Isyarat gambar dipilih oleh peneliti untuk strategi pembelajaran dikarenakan belum adanya peneliti terdahulu yang menggunakan isyarat gambar sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca tersebut untuk level sekolah menengah pertama. Setiap pertemuan siswa diberikan teks bacaan dan soal yang berbeda. Pada pertemuan pertama siswa diberikan teks bacaan yang berjudul The Packet of Biscuits terdapat 7 soal menyusun gambar sesuai teks bacaan 5 soal pertanyaan dan 10 soal mengisi kata rumpang. Pertemuan kedua peneliti memberikan teks bacaan yang berjudul When I Was A Teenager pada siswa dan memberikan 12 gambar siswa diharukan menuliskan kata kerja yang berhubungan dengan gambar tersebut. Kemudian bagian kedua siswa membuat 5 kalimat sesuai 5 gambar yang dipilih menggunakan kata kerja yang telah ditulis pada bagian pertama. Pada pertemuan ketiga siswa diberikan teks bacaan yang sama dengan pertemuan sebelumnya. Pertemuan ketiga peneliti memberikan teks yang sama dengan soal yang berbeda. Pada bagian pertama terdapat 12 soal menyusun gambar sesuai teks bagian kedua terdapat 5 soal mencocokan gambar dan kalimat dan bagian terakhir terdapat 4 soal pertanyaan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII C di SMP Negeri 10 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan daftar observasi jurnal harian dan tes pencapaian. Peneliti memutuskan bahwa strategi isyarat gambar berhasil jika memenuhi dua kriteria (1) 80% siswa dapat mencapai skor 75 dan (2) 80% dari mereka aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukka bahwa 93.10% dari 29 siswa mendapat skor diatas 80 yang berarti siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata- rata sebelum diberikan strategi isyarat gambar berada diangka 64.3. Setelah peneliti menerapkan strategi tersebut nilai rata- rata siswa menjadi 84. Peneliti menemukan 90.14% dari 29 siswa aktif terlibat proses pembelajaran. Isyarat gambar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada kegiatan membaca dan meningkatakna keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71761

Actions (login required)

View Item View Item