The relationship between reading self-efficacy and reading metacognitive strategies / Yilmaz Peny Elviona

Elviona, Yilmaz Peny (2019) The relationship between reading self-efficacy and reading metacognitive strategies / Yilmaz Peny Elviona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Elviona, Y.P. 2019. Hubungan Antara Efikasi Diri dalam Membaca dan Strategi Metakognisi. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D, (2) Nur Hayati, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci: membaca, efikasi diri, strategi metakognisi Dalam mempelajari bahasa, membaca merupakan salah satu kemampuan paling penting selain mendengarkan, menulis, dan berbicara. Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dituntut mampu menguasai berbagai tingkatan dan jenis teks berbahasa Inggris. Membaca tidak hanya memahami makna tersurat, namun juga maksa tersirat dalam sebuah teks. Ada dua aspek penting dalam kemampuan membaca: kognitif dan afektif. Metakognitif merupakan strategi paling penting dalam membaca karena dapat membantu pembaca memahami teks bacaan dengan lebih mudah. Sedangkan efikasi diri merupakan kepercayaan individu untuk menyelesaikan tugas tertentu dengan sukses. Hal ini menjadi aspek penting yang mempengaruhi sikap individu terhadap tugas yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi ada atau tidaknya korelasi antara efikasi diri dan strategi metakognisi dalam membaca teks bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian ini merupakan sembilan puluh enam mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang telah lulus mata kuliah Advanced Reading di Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner efikasi diri dalam membaca yang diadaptasi dari Li dan Wang (2010) dan kuesioner strategi metakognisi yang diadaptasi dari Mokhtari, Dimitov, and Reichard (2013). Partisipan mengukur kemampuan membaca dan frekuensi penggunaan strategi metakognisi menggunakan Likert 5 skala. Data yang diperoleh kemudian ditabulasi dan dihitung rata-rata nilainya. Perhitungan statistik menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat efikasi diri mahasiswa tergolong tinggi dengan rata-rata 3.83 dari skala 5. Sementara rata-rata penggunaan strategi metakognisi sebesar 4.15 dari 5. Mahasiswa dengan tingkat efikasi diri tinggi cenderung menggunakan beberapa strategi metakognisi seperti membaca kembali untuk memastikan bahwa mereka mengerti, kembali fokus saat terpecah konsentrasinya, dan menyesuaikan kecepatan membaca tergantung teks yang sedang dibaca. Meskipun hasil dari kedua variabel menunjukkan nilai tinggi, namun keduanya tidak berkorelasi satu sama lain. Koefisien korelasi menunjukkan bahwa, hubungan diantara kedua variabel sangat rendah (r=0.18) dan hasil ini terbukti signifikan (p<0.05). Dapat disimpulkan bahwa, dengan kemungkinan salah sebesar 5%, peneliti menyatakan bahwa tingkat efikasi diri tidak dapat mendeteksi frekuensi penggunaan strategi metakognisi, dan sebaliknya. Mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi dalam membaca cenderung menggunakan beberapa strategi metakognisi untuk membantu memahami sebuah teks. Maka dari itu, guru-guru disarankan untuk mendorong efikasi diri siswa/mahasiswa dan menggalakkan strategi metakognisi dalam membaca di kegiatan belajar mengajar. Beberapa saran ditujukan kepada peneliti di masa mendatang: (1) disarankan untuk menggunakan teknik random sampling untuk meningkatkan variabilitas data, (2) disarankan untuk meneliti mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda dalam mempelajari hubungan antara efikasi diri dan strategi metakognisi dalam membaca, (3) disarankan peneliti di masa mendatang untuk melakukan uji validitas konstruk dalam mengembangkan kuesioner yang lebih baik dan benar-benar mengukur level efikasi diri dan strategi metakognisi dalam membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71759

Actions (login required)

View Item View Item