The implementation of learner autonomy among English competition participants of MTsN 1 Kota Malang / Nadia Fitriani

Fitriani, Nadia (2019) The implementation of learner autonomy among English competition participants of MTsN 1 Kota Malang / Nadia Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fitriani, Nadia. 2019. Implementasi Belajar Mandiri Peserta Kompetisi Bahasa Inggris MTsN 1 Kota Malang. Skripsi S1. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Enny Irawati, M.Pd. (II) Hasti Rahmaningtyas, S.Pd., M.A. Kata Kunci: Kemandirian siswa, belajar mandiri, karateristik siswa mandiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa Indonesia, khususnya siswa MTsN 1 kota Malang yang telah mengikuti kompetisi bahasa Inggris memiliki karakteristik siswa mandiri. Siswa mandiri merupakan siswa yang mampu mengatur kegiatan belajarnya sendiri. Lebih lanjut, Holec (1981) memperkenalkan istilah autonomy yang berarti ‘bertanggung jawab atas kegiatan belajar yang dilakukan’. Bertanggung jawab mendeskripsikan kemampuan seorang siswa untuk menentukan tujuan belajar, memutuskan strategi belajar, mengawasi progres belajar serta mengevaluasi hasil belajar. Penelitian ini melibatkan empat puluh tiga siswa MTsN 1 Kota Malang yang telah ikut serta dalam berbagai macam kompetisi bahasa Inggris. Data diperoleh melalui Learner Autonomy Questionnaire atau kuesioner siswa mandiri. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menentukan karakteristik siswa mandiri yang dimiliki oleh siswa MTsN 1 Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta kompetisi bahasa Inggris MTsN 1 Kota Malang termasuk siswa yang memiliki level kemandirian tinggi. Para peserta memiliki lima karakteristik siswa mandiri, yaitu: (1) memiliki motivasi tinggi dalam belajar, (2) fleksibel, (3) memiliki orientasi tujuan yang jelas, (4) pekerja keras, dan (5) teroganisir. Namun demikian, hanya beberapa siswa yang memiliki karakteristik teroganisir dengan baik karena kurangnya kemampuan manajemen waktu. Oleh karena itu, guru disarankan mengembangkan cara atau teknik untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa. Peneliti selanjutnya juga diharpakan untuk mengadakan penelitian di bidang yang sama dengan menggunakan instrument yang lebih lengkap dan subjek penelitian yang berbeda agar diperoleh hasil penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71754

Actions (login required)

View Item View Item