The english reading habits of highly proficient English learners in SMAN 1 Tumpang / Naila Agustin Baladina - Repositori Universitas Negeri Malang

The english reading habits of highly proficient English learners in SMAN 1 Tumpang / Naila Agustin Baladina

Baladina, Naila Agustin (2019) The english reading habits of highly proficient English learners in SMAN 1 Tumpang / Naila Agustin Baladina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baladina Naila Agustin. 2019. The English Reading Habits of Highly Proficient English Learners in SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Saukah M.A. (II) Dr. Johannes A. Prayogo. M.Pd. M.Ed. Keywords membaca kebiasaan membaca Kebiasaan membaca adalah kegiatan memahami dan mendapatkan informasi tertulis yang dilakukan secara teratur. Studi-studi sebelumnya menyatakan bahwa kebiasaan membaca siswa meliputi apa yang mereka baca bagaimana kegiatan membaca yang dilakukan dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk membaca serta keterlibatan orang tua dalam mengenalkan kebiasaan membaca. Namun banyak siswa tidak tertarik untuk membaca yang menyebabkan siswa tidak memiliki kebiasaan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca bahasa Inggris siswa yang unggul dalam pelajaran bahasa Inggris di SMAN 1 Tumpang jurusan Bahasa yang meliputi frekuensi waktu kegiatan membaca preferensi membaca tujuan membaca alasan mereka suka membaca bacaan yang berbahasa Inggris dan dukungan dari guru mata pelajaran bahasa Inggris dan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah penelitian secara mendalam dan pedoman wawancara sebagai instrumen. Setiap pedoman wawancara terdiri dari beberapa pertanyaan yang digunakan untuk membantu menjawab rumusan masalah. Data diperoleh dari siswa kelas X-Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) yang unggul dalam pelajaran bahasa Inggris guru mata pelajaran bahasa Inggris teman sekelas dan orang tua siswa sebagai informasi pendukung. Data yang sudah dianalisis kemudian ditafsirkan dan dibandingkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) frekuensi waktu yang dihabiskan siswa berkisar 1-2 jam per minggu rata-rata untuk membaca bacaan berbahasa Inggris dan 1-3 jam untuk membaca secara online (b) preferensi bahan bacaan yang disukai adalah cerita fiksi seperti novel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (c) tujuan membaca bacaan berbahasa Inggris tidak dilakukan sebagai sebuah hiburan melainkan sebagai sebuah tugas (d) alasan mereka suka membaca bacaan berbahasa Inggris memiliki banyak variasi seperti meningkatkan keterampilan membaca memiliki teman untuk membaca di perpustakaan dan (e) dukungan dari guru mata pelajaran bahasa Inggris dan orang tua yang berbentuk dorongan verbal dianggap masih kurang bahkan orang tua tidak peduli dengan peningkatan belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang unggul dalam pelajaran bahasa Inggris mempunyai kebiasaan membaca yang masih rendah karena mereka hanya menghabiskan sedikit waktu untuk membaca yakni hanya 1-2 jam dalam seminggu kurangnya ragam jenis bacaan yang dibaca tujuan membaca yang dilakukan hanya untuk menyelesaikan ujian dan tidak adanya dukungan dari guru maupun orang tua. Dapat disarankan bahwa baik siswa yang unggul maupun kurang unggul dalam berbahasa Inggris untuk lebih sering membaca jenis bacaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71751

Actions (login required)

View Item View Item