Developing monopoly game for teaching tenses through speaking activity to the eighth graders / Fenda Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing monopoly game for teaching tenses through speaking activity to the eighth graders / Fenda Agustina

Agustina, Fenda (2019) Developing monopoly game for teaching tenses through speaking activity to the eighth graders / Fenda Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Agustina Fenda. 2019. Mengembangkan Permainan Monopoli untuk Mengajar Tenses Melalui Kegiatan Berbicara untuk Siswa Kelas Delapan Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Andi Muhtar M. A. (2) Dr. Furaidah M. A Kata Kunci Let s Travel with English Permainan Monopoli Grammar Aktivtas Berbicara Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli yang dimodifikasi sebagai media tambahan dalam belajar grammar melalui kegiatan berbicara untuk siswa kelas delapan. Materi yang digunakan adalah meminta dan memberikan informasi menggunakan Simple Present Tense dan Present Continuous Tense. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari Borg dan Gall (1983) yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi ahli (4) revisi pertama (5) uji coba produk (6) revisi kedua dan (7) produk akhir. Produk memiliki beberapa alat yang digunakan saat bermain yaitu (1) papan utama (2) kartu kesempatan (3) dadu (4) token (5) uang buatan (6) pedoman guru (7) pedoman siswa (8) kunci jawaban dan ( 9) paket. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar kuesioner panduan wawancara dan lembar validasi. Data dari instrumen dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Produk ini divalidasi oleh dua ahli yaitu seorang dosen Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang dan seorang guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 9 Malang. Setelah itu produk direvisi berdasarkan komentar dan saran para ahli. Kemudian produk diujicobakan kepada 34 siswa kelas delapan di SMP Negeri 9 Malang. Menurut validasi dosen produk tersebut diklasifikasikan sebagai produk yang sangat baik karena dapat memenuhi 91% dari kriteria produk. Selain itu validasi guru menunjukkan bahwa produk tersebut dapat memenuhi 82 5% dari kriteria produk. Selanjutnya hasil angket siswa dalam uji coba produk menunjukkan tanggapan yang positif terhadap produk. Nilai rata-rata dari uji coba produk yaitu 83 dan menunjukkan bahwa produk tersebut dikategorikan sebagai produk yang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Let s Travel with English layak digunakan dalam pengajaran grammar khususnya untuk mengajar Simple Present Tense dan Present Continuous Tense.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71745

Actions (login required)

View Item View Item