The use of short stories with hidden pictures to improve students' vocabulary achievement at fifth grade of MI Gempolan II Kediri / Chorida Dira Amelia

Amelia, Chorida Dira (2019) The use of short stories with hidden pictures to improve students' vocabulary achievement at fifth grade of MI Gempolan II Kediri / Chorida Dira Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amelia, C. D. 2015. Penerapan Cerita Pendek dengan Gambar Tersembunyi untuk Meningkatkan Pencapaian Kosakata Siswa Kelas Lima di MI Gempolan II Kediri. Skripsi, Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing; (1) Dr. Furaidah. M.A, (2) Nova Ariani, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: cerita pendek, gambar tersembunyi, pencapaian kosakata. Banyak peneliti menyarankan bahwa pembelajaran kosakata lebih baik dimulai sejak usia muda. Ketika kosakata diajarkan pada pelajar muda, guru harus menggunakan strategi yang sesuai dengan kelompok umur mereka. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas lima di MI Gempolan II Kediri, peneliti menemukan bahwa ada masalah terkait dengan pengajaran kosakata di kelas tersebut. Ditemukan bahwa guru bahasa Inggris di kelas tersebut jarang menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan hanya menggunakan hafalan sebagai satu satunya strategi pembelajaran yang menyebabkan rendahnya pencapaian kosakata siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian kosakata siswa melalui penggunaan media yang menarik. Media yang digunakan untuk menambah kosakata siswa adalah cerita pendek dengan gambar tersembunyi. Cerita pendek dengan gambar tersembunyi adalah media yang mana beberapa kata benda, kata sifat dan kata kerja yang ada pada cerita diganti dengan kertas terlipat yang mana didalamnya terdapat gambar yang bisa memberikan petunjuk tentang arti dari kata tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian yang mana dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari merencanakan, menerapkan, mengamati, dan merefleski. Penelitian dilaksanakan dalam empat pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain tes kosakata, lembar pengamatan, catatan lapangan, dan kuesioner. Data yang diperoleh dari tes kosakata setelah penerapan dari media menunjukkan bahwa hasilnya sudah mencapai kriteria sukses yaitu lebih dari 80% dari murid mendapatkan nilai diatas KKM, yaitu 65. Kemudian, data yang diambil dari catatan lapangan dan lembar pengamatan menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan media yaitu dengan berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Langkah-langkah pengajaran yang mampu menambah pencapaian siswa antara lain antara lain; pengenalan cerita, membaca nyaring cerita, penguatan dengan menggunakan kartu flash, membaca kembali cerita, meringkas dan mengerjakan latihan soal. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disarankan kepada guru bahasa Inggris pada sekolah tersebut untuk menggunakan media cerita pendek dengan cerita bergambar sebagai media alternatif untuk mengajar kosakata. Disarankan juga kepada peneliti lain yang memiliki topik penelitian yang sama bisa menggunakan media ini untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris pada komponen lain menggunakan strategi yang berbeda. Untuk peneliti lain diharapkan untuk memperhatikan kelamahan media, yaitu membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya. Kedua, media ini kurang praktis dalam penggunaan dan tidak tahan lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71740

Actions (login required)

View Item View Item