Pengaruh multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung / Wiratama Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung / Wiratama Darmawan

Darmawan, Wiratama (2017) Pengaruh multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung / Wiratama Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawan Wiratama. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Eksperimen Pengaruh Multimedia Interaktif Pembelajaran Hasil Belajar. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dikesampingkan oleh siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak termasuk dalam UAN dan cenderung terlalu banyak materi yang hanya berupa teks. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bermaksud memanfaatkan multimedia interaktif pembelajaran untuk menarik minat siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Untuk itu peneliti melakukan identifikasi masalah-masalah di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang antusias dalam belajar siswa kurang aktif dan pembelajaran kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Hipotesis yang diajukan adalah Hipotesis Nol (H0) Tidak ada pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung Hipotes Alternatif (Ha) Ada pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Rancangan eksperimen semu merupakan rancangan penelitian untuk mengungkap hubungan sebab akibat dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam pelaksanaannya dipilih rancangan pretest dan posttes dengan pemilihan kelompok tidak diacak. Berdasarkan hasil uji-t terhadap gain score diperoleh nilai thitung 3 568 ttabel 2 025 dan nilai signifikansinya 0 003 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat diinterpretasikan H0 ditolak dan menerima Ha. Dapat diartikan bahwa ada pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan guru SMP Negeri 2 Ngantru sebaiknya memanfaatkan media dalam pembelajaran salah satunya multimedia interaktif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi minat belajar dan rangsangan indera siswa saat belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item