Orientasi konten dan dampaknya terhadap pola pengembangan paragraf resensi di situs Gramedia.com / Sri Bakti Maharini

Maharini, Sri Bakti (2019) Orientasi konten dan dampaknya terhadap pola pengembangan paragraf resensi di situs Gramedia.com / Sri Bakti Maharini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maharini, Sri Bakti. 2019. Orientasi Konten dan Dampaknya terhadap Pola Pengembangan Paragraf Resensi di Situs Gramedia.com. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Suparno Kata kunci: teks resensi, orientasi konten, dan pola pengembangan paragraf Tertera pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, teks resensi adalah salah satu jenis teks yang diajarkan di jenjang SMA, tepatnya di kelas XI. Teks resensi dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis. Pembelajaran teks resensi tidak hanya diperoleh di bangku sekolah saja. Di era digital seperti saat ini, pembelajaran tersebut dapat diperoleh di situs-situs internet. Salah satu situs yang menyajikan teks resensi adalah Gramedia.com. Teks resensi adalah tulisan yang memuat penilaian terhadap kualitas karya tulis berupa buku. Teks resensi dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis. Selain itu, teks resensi dapat digunakan untuk melatih berpikir kritis siswa dalam mengapresiasi dan mengevaluasi karya tulis berupa buku baik yang berjenis fiksi maupun nonfiksi. Teks resensi tersusun atas satu atau lebih paragraf. Setiap paragraf tersebut mempunyai konten topik dan konten pengembang yang membangun sebuah tulisan dari sisi semantisnya. Selain itu, konten-konten tersebut juga dapat menentukan pola pengembangan paragraf yang digunakan pada teks resensi yang berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konten topik pada paragraf resensi pada situs Gramedia.com, (2) konten pengembang pada paragraf Gramedia.com, dan (3) dampak orientasi konten topik dan konten pengembang terhadap pola pengembangan paragraf resensi pada situs Gramedia.com. Data penelitian ini adalah konten topik, konten pengembang, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah teks-teks resensi pada situs Gramedia.com. Instrumen yang digunajan terdiri atas instrumen kunci dan pelengkap. Instrumen kunci adalah peneliti, sedangkan instrumen pelengkap adalah (1) panduan pengumpulan sumber data, (2) tabel panduan kodifikasi sumber data, (3) format tabel pengumpulan sumber data, (4) panduan pengumpulan data, (5) format tabel penampung data konten topik dan konten pengembang, (6) panduan analisis data, (7) tabel parameter analisis konten topik dan konten pengembang, (8) tabel parameter analisis pola pengembangan paragraf , dan (9) format tabel penampung hasil analisis data. Data dianalisis dengan prosedur (1) reduksi data, (2) klasifikasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi (1) melakukan studi pendahuluan, (2) mengkaji masalah penelitian, (3) menentukan topik dan judul penelitian, (4) menguji originalitas/plagiasi, (5) merancang penelitian, (6) mengumpulkan data, (7) menganalisis data, dan (8) menyimpulkan hasil penelitian. Untuk menentukan keabsahan temuan, peneliti melakukan diskusi dengan dosen pembimbing dan rekan sejawat. Data yang teridentifikasi berdasarkan fokus atau tujuan penelitian seluruhnya terdiri atas 227 data. Data tersebut berupa satuan frasa dan paragraf. Rincian data tersebut yaitu, 68 data konten topik, 125 data konten pengembang, dan 34 data pola pengembangan paragraf. Penelitian terhadap orientasi konten dan dampaknya terhadap pola pengembangan paragraf resensi di situs Gramedia.com menghasilkan tiga bagian temuan, yaitu temuan jenis konten topik, jenis konten pengembang, dan pola pengembangan paragraf. Pertama, jenis konten topik berdasarkan letaknya ditemukan 3 jenis, yaitu (1) konten topik di awal paragraf, (2) konten topik di tengah paragraf, dan (3) konten topik di akhir paragraf, sedangkan jenis konten topik berdasarkan maknanya ditemukan 11 jenis, yaitu (1) konten topik berupa kelebihan buku, (2) konten topik berupa informasi generik, (3) konten topik berupa pertanyaan, (4) konten topik berupa konten buku, (5) konten topik berupa fenomena sosial, (6) konten topik berupa esensi buku, (7) konten topik berupa identitas buku, (8) konten topik berupa analogi, (9) konten topik berupa perbandingan, (10) konten topik berupa kausalitas, dan (11) konten topik berupa hal-hal unik dari kategori buku yang bersangkutan. Kedua, jenis konten pengembang berdasarkan maknanya ditemukan 16 jenis, yaitu (1) konten pengembang berupa pesan persuasif, (2) konten pengembang berupa konten optatif, (3) konten pengembang berupa salam dari penulis, (4) konten pengembang berupa pertanyaan, jawaban, atau pertanyaan-jawaban, (5) konten pengembang berupa fenomena sosial, (6) konten pengembang berupa informasi generik, (7) konten pengembang berupa perbandingan, (8) konten pengembang berupa kausalitas, (9) konten pengembang berupa contoh/ilustrasi, (10) konten pengembang berupa proses kreatif penulisan buku, (11) konten pengembang berupa gaya penyajian buku, (12) konten pengembang berupa konten buku, (13) konten pengembang berupa esensi buku, (14) konten pengembang berupa kelebihan buku, (15) konten pengembang berupa analogi, dan (16) konten pengembang berupa keterkaitan dengan topik. Ketiga, pola pengembangan paragraf yang digunakan ditemukan 8 jenis, yaitu (1) paragraf definisi, (2) paragraf sebab-akibat atau akibat-sebab, (3) paragraf contoh atau ilustrasi, (4) paragraf rincian, (5) paragraf urutan topik, (6) paragraf pertanyaan-jawaban, (7) paragraf analogi, dan (8) paragraf perbandingan. Pada penelitian ini terdapat tiga saran yang diusulkan oleh peneliti. Pertama, peserta didik diharapkan dapat mencontoh variasi teks resensi pada situs Gramedia.com untuk kemudian diterapkan pada saat pembelajaran di sekolah. Kedua, pihak Gramedia dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan resensi selanjutnya. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71525

Actions (login required)

View Item View Item