Karakteristik unsur fiksional pada kumpulan cerita anak asyiknya berterus terang karya Nurul Hidayati / Irene Zen Daningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik unsur fiksional pada kumpulan cerita anak asyiknya berterus terang karya Nurul Hidayati / Irene Zen Daningtyas

Daningtyas, Irene Zen (2020) Karakteristik unsur fiksional pada kumpulan cerita anak asyiknya berterus terang karya Nurul Hidayati / Irene Zen Daningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Daningtyas Irine Zen. 2019. Karakteristik Unsur Fiksional pada Kumpulan Cerita Anak Asyiknya Berterus Terang Karya Nurul Hidayati. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd Kata Kunci karakteristik cerpen cerpen anak Asyiknya Berterus Terang. Cerpen tergolong sebuah karya fiksi di antara novel dan roman. Cerpen adalah karya fiksi yang pendek dan dapat dibaca hanya dengan sekali duduk tetapi dilengkapi dengan adanya keutuhan cerita bukan asal pendek saja. sifat yang ada pada cerpen dapat dikatakan pendek antara lain perisitiwa jalan cerita jumlah tokoh (pelaku) dan jumlah keseluruhan kata yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik cerpen. Karakteristik tersebut yang lain adalah yaitu tokoh penokohan latar alur tema sudut pandang dan pesan moral yang ada pada kumpulan cerpen karya Nurul Hidayati yang berjudul Ayiknya Berterus Terang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menganalisis unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini termasuk kajian teks atau dokumen. Data dalam penelitian ini adalah kutipan yang berisi narasi dialog dan monolog. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah buku kumpulan cerpen Asyiknya Berterus Terang karya Nurul Hidayati sebagai objek analisis. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pertama reduksi data dilakukan dengan cara merangkum memilih hal-hal yang paling penting sesuai dengan fokus penelitian. Kedua penyajian data dilakukan untuk mempermudah peneliti dalam memahami apa yang terjadi dan merencanakan kerja selanjutnya. Data selanjutnya disesuaikan dengan fokus penelitian (1) penyajian karakteristik tema (2) tokoh yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan (3) penokohan yaitu berdasarkan teknik analitik dan teknik dramatik (4) latar yaitu latar waktu tempat dan suasana (5) alur yang meliputi alur maju dan alur mundur (6) sudut pandang yaitu sudut pandang orang ketiga dan (7) pesan moral yang meliputi pesan moral individual dan sosial. Ketiga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik tokoh dalam kumpulan cerpen yaitu meliputi tokoh utama protagonis tokoh bawahan protagonis dan antagonis karakteristik penokohan meliputi penokohan dengan teknik analitik dan dramatik karakteristik latar meliputi latar tempat waktu dan suasana karakteristik alur meliputi alur maju dan campuran karakteristik tema pada kumpulan cerpen Asyiknya Berterus Terang karya Nurul Hidayati yaitu dari 14 cerita yang ada terdapat 6 cerita yang memiliki tema kekeluargaan yaitu pada cerita yang berjudul Aduh Bagaimana Ini Kembalian Azam Roll Tart Imel Aww Gatal Sekotak Cinta Untuk Ibu Semangkuk Gulai Kejujuran dan 8 cerita memiliki tema persahabatan yaitu Rahasia Delima Sahabat Anti Bully Me Time Seruni Rusaknya Selang Pianika Tangan Terampil Arin Marahkah Alea Kimono Sakura dan Siapa Menjiplak karakteristik sudut pandang meliputi sudut pandang orang ketiga serbatahu dan karakteristik pesan moral meliputi pesan moral individu dan sosial. Saran dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia dan peneliti selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait unsur intrinsik pada cerpen anak sebagai berikut. Pertama berdasarkan hasil analisis cerpen pada penelitian ini diharapkan guru Bahasa Indonesia menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam pembelajaran cerpen di sekolah khususnya cerpen anak dengan mengetahui karakteristik cerpen anak-anak guru dapat memilih bacaan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh anak-anak. Kedua kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan hasil dari temuan penelitian ini sebagai rujukan terkait unsur intrinsik cerpen khususnya pada cerpen anak. Peneliti selanjutnya juga dapat mengambil fokus masalah yang berbeda atau menggunakan jenis penelitian lain terkait cerpen khusus untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71524

Actions (login required)

View Item View Item