Pengaruh penggunaan film dokumenter terhadap kemampuan menulis rangkuman teks biografi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Malang / Vivin Irawati

Irawati, Vivin (2020) Pengaruh penggunaan film dokumenter terhadap kemampuan menulis rangkuman teks biografi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Malang / Vivin Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irawati, Vivin. 2019. Pengaruh Penggunaan Film Dokumenter terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Teks Biografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd. Kata Kunci: film dokumenter, teks biografi, kemampuan menulis Teks biografi merupakan salah satu teks yang saat ini menarik minat pembaca. Teks biografi dianggap memiliki karakteristik mampu menyampaikan hal-hal positif atau pesan moral kepada pembaca. Hal-hal positif itu didapatkan dari kisah hidup seseorang yang dibuat biografinya. Teks biografi adalah teks yang berisi kisah hidup seseorang yang dianggap unik, menarik, terkenal, penting, mengesankan, inspiratif, atau pun menyedihkan. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, teks biografi merupakan salah satu materi pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan pada siswa kelas X SMA. Teks biografi juga digunakan sebagai materi pembawa pesan moral untuk membentuk karakter. Teks biografi saat ini banyak yang dibukukan, bahkan difilmkan. Salah satu jenis film yang sering dijadikan wadah memuat biografi adalah film dokumenter. Jenis film ini digunakan karena bersifat mendokumentasikan suatu hal yang benar-benar terjadi. Hal itu sesuai dengan isi teks biografi yang berdasarkan fakta pengalaman hidup seseorang. Oleh karena itu, film dokumenter dipertimbangkan guru untuk dijadikan sebagai media pembejaran. Sebuah media pembelaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran secara umum adalah segala sesuatu yang digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran. Media pembelajaran digunakan sebagai wadah komunikasi untuk pengiriman materi pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Tanpa media, komunikasi tersebut tidak akan terjadi secara optimal. Penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran sesuai dengan pola pembelajaran interaktif dan berbasis multimedia pada Kurikulum 2013. Dengan karakteristik film dokumenter yang mendokumentasikan sebuah fakta, materi yang disampaikan dalam pembelajaran akan tersampaikan secara terbuka. Penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran juga dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu untuk menguji pengarug media tersebut terhadap kemampuan siswa. Penelitian-penelitian tersebut menyimpulkan bahwa film dokumenter memiliki pengaruh positif pada kemampuan siswa dari pada media konvensional. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk menguji hasil penelitian-penelitian sebelumnya mengenai penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran yang lebih efektif daripada penggunaan media konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok atau kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini berupa skor dari hasil penilaian karya tulis siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tulis. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan perhitungan statistik berbantuan program IBM SPSS Statistics 23.Analisis data yang dilakukan meliputi pengujian prasyarat analisis data, pengujian kemampuan awal, pengujian hipotesis, dan pengujian besar pengaruh perlakuan. Kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk naratif dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh dua hasil penelitian. Pertama, film dokumenter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengembangkan isi deskripsi tokoh karena memperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,083>0,05) dan besar pengaruh perlakuan kelas eksperimen lebih kecil dari kelas kontrol (1,78%<2,84%). Kedua, film dokumenter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengembangkan rangkaian peristiwa karena memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,043<0,05) dan besar perlakuan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (28,97%>26,95%). Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memilih media lain, jika ingin meneliti kemampuan merangkum isi deskripsi tokoh lebih dalam lagi. Kedua,disarankan kepada guru untuk menambah media lain sebagai variasi media pembelajaran untuk meminimalisir risiko kebosanan pada siswa, jika tetap ingin menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran. Ketiga, disarankan kepada siswa untuk tidak bergantung pada orang lain dan lebih menggali informasi atau materi sendiri, baik dengan berdiskusi maupun individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71523

Actions (login required)

View Item View Item