Pengaruh metode permainan kartu kosakata dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Darul Huda Deyeng / Moh. Khoirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode permainan kartu kosakata dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Darul Huda Deyeng / Moh. Khoirul Anam

Anam, Moh. Khoirul (2017) Pengaruh metode permainan kartu kosakata dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Darul Huda Deyeng / Moh. Khoirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anam M. K. 2017. Pengaruh Metode Permainan Kartu Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belaajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Darul Huda Deyeng. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci permainan kartu kosakata motivasi belajar hasil belajar. Materi pelajaran bahasa Arab SD kelas IV Semester genap tentang Afrodul Usroty (Keluarga sendiri) lebih menuntut siswa untuk menambah perbendaharaan kosakata sehingga memerlukan metode untuk memudahkan dalam menghafal kosakata.Metode yang kurangtepatdapatdisiasatidenganmenggunakanmetodepermainankartukosakata. Metodepermainankartukosakatainisebagaialternatif agar siswalebihtermotivasidalam proses pembelajaran yang berdampak pula terhadappeningkatanhasilbelajar. Penelitian di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar siswa antara yang belajar melalui metode permainan kartu kosakata dengan metode konvensioanl dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI tentang Afrodul Usroti. (2) perbedaanhasilbelajarantarasiswa yang memilikimotivasibelajartinggidenganmotivasibelajarrendah di MI Darul Huda Deyeng. (3) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI tentang Afrodul Usroti. Jenis penelitian ini adalah eksperimental kuasi. Dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Sampel penelitian seluruh siswa kelas IV yang terbagi menjadi 2 kelas Kelas IV A sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dan Kelas IV B sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik ANAVA faktorial 2x2. Uji ANAVA menggunakan bantuan SPSS 20.00 for windows. Pengujian hipotesis data tersebut dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang belajar melalui metode permainan kartu kosakata dengan metode konvensioanl dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas IV SD tentang Afrodul Usroti. (2) Ada perbedaanhasilbelajarantarasiswa yang memilikimotivasibelajartinggidenganmotivasibelajarrendahdalammatapelajaranbahasa Arab kelas IV SD tentangAfrodulUsroti. (3) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI tentang Afrodul Usroti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa antara metode permainan kartu kosakata lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Semakin tinggi motivasi belajar semakin tinggi pula hasil belajarnya. Dengan demikian metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaranbahasa Arab kelas IV SD tentangAfrodulUsroti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item