Apriliani, Alif Sabbilah (2017) Pengaruh model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika materi perkalian untuk siswa kelas III-A MI Damai Takat Nganjuk / Alif Sabbilah Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Apriliani Alif Sabbilah. 2017. Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas III-A MI DAMAI Nganjuk. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci Pengaruh model Realistic Mathematic Education (RME) Hasil Belajar Perkalian. Sebagai seorang guru harus dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satun caranya adalah dengan melaksanakan pembelajaran yang siswa dapat belajar aktif dan kreatif. Salah satu dengan merapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Realistic Mathematic Education (RME) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada kreativitas pada siswa. Hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan pada dimensi pedagogic modern dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran meliputi mengamati menanya menalar mencoba dan membentuk jejaring. Pada penelitian yang akan dilaksanakan di harapkan siswa dapat juga meningkatkan hasil belajar tidak hanya itu siswa juga di harapkan dapat menerapkan membiasakan mengoprasikan model Realistic Mathematic Education (RME) dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa mudah mengingat pembelajaran tersebut di luar kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah setelah menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) pada pelajaran matematika materi perkalian. Dalam penelitian menggunakan metode eksperimen untuk mengungkap ada atau tidaknya pengaruh dari variable-variabel yang telah dipilih untuk dijadikan penelitian. Jenis penelitian menggunakan True Experimental yaitu penelitian yang betul-betul. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest One Group Design. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas III-A di MI DAMAI Takat Nganjuk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa instrumen soal pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berasal dari hasil perhitungan soal pretest dan posttest. Penelitian ini menghasilkan memenuhi kriteria valid dengan hasil rata-rata nilai pretest 72 80 sehingga siswa dikatakan memenuhi batas rata-rata nilai yang ditentukan yakni 70.00. Pada hasil pretest diperoleh skor pretest terendah 45 dan skor pretest tertinggi 81. Hasil rata-rata nilai posttest 84 47 sehinggga dari nilai rata-rata nilai posttest siswa juga dikatakan memenuhi batas rata-rata nilai yang ditentukan yakni 70.00. Pada hasil posttest diperoleh skor posttest terendah 61 dan skor posttest tertinggi 93. Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan nilai yang sanga tsignifikan pada hasil nilai rata-rata posttest yaitu 84 47. Perbedaan tersebut disebabkan pengaruh penggunaan model Realistic Mathematic Education (RME) dalam proses pembelajaran yang diberikan memiliki nilai hasil tingkat kemampuan menganalisis yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya yang mengerjakan soal pretest tanpa menggunakan Realistic Mathematic Education (RME). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka yang disarankan untuk guru selalu menerapkan model pembelajaran inovatif salah satunya adalah model Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan sedangkan untuk sekolah dengan adanya model Realistic Mathematic Education (RME) pada pelajaran matematika dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif pelaksanaannya Realistic Mathematic Education (RME) yang digunakan untuk membantu Guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |